Isi Ngabuburit dengan Baca Buku Gratis di Aplikasi iPusnas

05/05/2020, 10:04 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

Ngabuburit tidak harus keluar duit. Terlebih di tengah pandemi seperti ini. Dengan tetap di rumah saja dan menghemat pengeluaran, menunggu waktu berbuka tetap bisa jadi momen menyenangkan. Salah satu caranya dengan membaca buku di aplikasi iPusnas.

Aplikasi iPusnas adalah perpustakan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Melalui aplikasi yang sudah dilengkapi eReader tersebut, pengguna dapat membaca buku secara gratis.

Untuk mulai meminjam buku di aplikasi iPusnas, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya, unduh dan buka aplikasi, kemudian masukkan nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan password.

Setelah itu, lakukan konfirmasi pada email yang didaftarkan. Jika sudah, buku-buku di iPusnas pun bebas diakses. 

Meski gratis, koleksi buku yang tersedia di aplikasi iPusnas cukup lengkap. Kategori yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari agama, arsitektur, biografi, bisnis, cerpen, filsafat, hobi, novel fiksi remaja, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Buku-buku karya penulis terkenal seperti Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, hingga Pramoedya Ananta Toer pun tersedia. Dalam sehari, pengguna dapat meminjam maksimal dua judul buku.

Meski berbasis digital, pengguna aplikasi iPusnas akan tetap merasakan sensasi seperti meminjam buku di perpustakaan biasa. Pasalnya, ketersediaan stok buku per judul dibatasi.

Jadi jika buku yang ingin dipinjam stoknya habis, pengguna harus menunggu peminjam lain mengembalikan terlebih dahulu.

Namun jangan khawatir, antrean buku tidak selama yang dibayangkan. Sebab seperti perpustakaan biasa, tiap peminjam diberi batas waktu peminjaman. Masing-masing buku diberi waktu pinjam tiga hari.

Agar tidak didahului peminjam lain, pengguna bisa mendaftarkan diri ke antrean. Jadi jika buku sudah tersedia, aplikasi akan memberi peringatan.

Selain memfasilitasi peminjaman buku, aplikasi iPusnas juga memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi. Pengguna dapat saling merekomendasikan buku, mengetahui aktivitas peminjaman pengguna lain, hingga menulis ulasan buku yang telah selesai dibaca.

Menarik bukan? Selamat membaca!