Studi Buktikan Meletakkan Tanaman di Ruangan dapat Tingkatkan Produktivitas

05/05/2020, 14:02 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

 

Meski bekerja dari rumah, produktivitas tidak boleh menurun. Mau tidak mau, semua orang pun berusaha beradaptasi dengan kondisi saat ini. Salah satu caranya dengan membangun suasana rumah agar nyaman digunakan untuk bekerja.

Studi dari UQ’s School of Psychology menyatakan, meletakkan pot tanaman hias dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

Untuk itu, tim terhubungdarirumah.com telah merangkum beberapa tanaman kekinian yang cocok diletakkan di dalam rumah:

Monstera Deliciosa

Sesuai namanya yang mengandung kata monster, tanaman ini memiliki daun berukuran besar. Daun tersebut berwarna hijau pekat, berbentuk bulat, lebar, dan memiliki tekstur seperti sobekan-sobekan.

Berkat keunikan tersebut, saat ini banyak pemilik kafe, studio foto, maupun hotel yang menggunakan Monstera sebagai hiasan ruangan.

Monstera juga cocok diletakkan di dalam rumah. Pasalnya selain bentuknya unik, Monstera dapat menyerap udara kotor di dalam ruangan.

Monstera bisa diletakkan di sudut rumah yang kosong, atau di tepi kolam.

Kaktus

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman kering yang cocok diletakkan di dalam ruangan.

Pasalnya, kaktus memiliki bentuk yang beragam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup beri air dan sinar matahari secukupnya, maka kaktus tetap bisa tumbuh.

Kaktus berukuran kecil cocok diletakkan di meja kerja, sudut jendela, dan samping tempat tidur.

Sansiviera

Sansiviera biasa dikenal dengan nama tanaman Lidah Mertua. Keunikan tanaman ini terletak pada bentuk daunnya yang menajam.

Sansiviera sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu berdaun pendek dan berdaun panjang. Sansiviera berdaun pendek biasanya memiliki panjang sekitar 8 centimeter (cm), sehingga cocok diletakkan di rak dan meja tamu.

Sementara itu, Sansiviera berdaun panjang berukuran hingga 50-75 cm sehingga cocok digunakan sebagai penyekat ruangan.

Sirih Gading

Sirih Gading merupakan tanaman yang daunnya bercorak. Hal tersebut membuat Sirih Gading sering dipilih untuk menghias ruangan.

Kelebihan lain dari Sirih Gading adalah cara merawatnya cukup mudah. Ia bisa tumbuh di tanah maupun air dalam segala macam kondisi.

Karena termasuk tanaman merambat, Sirih Gading cocok dipasang di dinding, pilar, atau digantung menjuntai.

Itulah beberapa tanaman kekinian yang cocok diletakkan di dalam rumah. 

Selain membantu meningkatkan produktivitas, meletakkan tanaman di rumah juga membuat udara menjadi lebih segar. Tertarik? Langsung saja diskusikan pilihan tanaman dengan keluarga di rumah.