Tips Simpan Kurma agar Tetap Nikmat Selama Ramadan

05/05/2020, 10:02 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Admin

Tak lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa adanya sajian buah kurma di meja makan. Selain menjadi Sunnah Nabi Muhammad SAW, buah kurma juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam jurnal penelitian yang dipublikasikan NCBI, menunjukan bukti kandungan buah kurma terbukti sangat baik bagi tubuh. Buah kurma (Phoenix dactylifera) menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan organ. Selain itu buah kurma diyakini dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh selama berpuasa dengan mengonsumsinya setiap hari sebanyak 100 gram atau setara dengan tujuh butir buah kurma.

Namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, menyetok buah kurma merupakan solusi terbaik karena buah kurma bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, untuk mempertahankan cita rasanya agar tetap terasa nikmat, ada beberapa trik yang bisa kalian praktekan selama di rumah.

1. Simpan di tempat kedap udara

Buah kurma memiliki ketahanan yang bervariasi dari 3 bulan sampai 1 tahun tergantung cara kita menyimpanya seperti apa.

Biasanya bila disimpan di suhu ruangan kurma bapat bertahan kurang lebih 3 bulan dan jika dimasukkan ke dalam kulkas dapat bertahan 1 tahun

Jika berencana mengonsumsinya saat bulan puasa, bisa menyimpan kurma di wadah kedap udara dan menaruhnya di suhu ruang saja. Namun agar lebih aman, tak apa jika ingin memasukkan ke dalam kulkas. 

Pastikan untuk mengeluarkan kurma dari kulkas dan menunggu beberapa saat sebelum mengonsumsinya.

2. Simpan di lemari pendingin

Ada cara lain untuk menyimpan kurma agar tahan hingga 1 tahun. Kita dapat membekukan kurma di dalam lemari pendingin.

Sebelumnya tempatkan kurma dalam wadah tertutup seperti toples agar tidak terkontaminasi dengan bau makanan lain selama di freezer.

Menyimpan kurma di dalam lemari pendingin juga memiliki kelebihan lain yakni kualitas dan cita rasa kurma tidak akan berkurang meskipun di simpan dalam waktu yang cukup lama.

3. Pisahkan kurma berdasarkan jenis dan kedaluwarsa

Agar kurma bisa bertahan lama dan cita rasanya teteap terjaga, sebaiknya pisahkan kurma tergantung jenis dan masa kedaluwarsa.

Sebab jika kurma kedaluwarsa dan disatukan dengan yang masih lama, dikhawatirkan saat kurma satu mulai membusuk, kutunya akan menular ke jenis kurma yang lebih lama kedaluwarsanya.

Sehingga cita rasa kurma berubah dan tidak nikmat saat di konsumsi.