Puasa di Indekos, Coba Resep Kolak dengan Rice Cooker Ini

06/05/2020, 13:05 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

Pemberlakuan larangan mudik tahun ini tentu menimbulkan kekecewaan bagi sebagian orang. Terlebih bagi perantau yang jauh dari keluarga. Pasalnya, mereka harus menjalani ibadah puasa di indekos seorang diri.

Meski begitu, Ramadan kali ini tetap harus dijalani dengan senang hati.

Dilansir dari Huffington Post, konsultan diet Rebecca Scritchfeild mengatakan, makanan manis dapat memicu hormon serotonin yang menenangkan sekaligus melegakan. Hal tersebut membuat tubuh menjadi lebih santai.

Dengan begitu, salah satu cara yang bisa dicoba untuk membuat hati tetap senang selama berpuasa jauh dari keluarga adalah mengonsumsi makanan manis.

Makanan manis yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan selera. Namun pada saat Ramadan, tentunya kolak menjadi makanan manis yang rasanya tidak afdal jika tidak dikonsumsi.

Untuk itu, berikut resep kolak sederhana yang pembuatannya sangat mudah. Tenang saja, jika di indekos tidak ada kompor, resep kolak yang satu ini memang ditujukan untuk dibuat menggunakan rice cooker.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan antara lain satu sisir pisang, 65 mililiter (ml) santan cair, 250 gram (g) gula merah, gula pasir secukupnya, sedikit garam, daun pandan secukupnya, dan air.

Setelah semua bahan siap, rebus air secukupnya di rice cooker.

Sambil menunggu air mendidih, kupas pisang dan potong-potong sesuai selera.

Jika air sudah mendidih, masukkan gula merah, gula pasir, santan, garam, daun pandan, dan pisang, kemudian aduk-aduk.

Tutup rice cooker, dan tunggu hingga pisang matang.

Jika pisang sudah matang, angkat dan hidangkan. Kolak pun siap disantap.

Itulah resep kolak yang dapat dibuat menggunakan rice cooker. Semoga bisa membuat hati tetap senang dan mengobati kerinduan berpuasa di rumah ya!