Mengenal Lebih Dekat Varian Kurma

05/05/2020, 17:00 WIB
Bagikan:
Penulis Maya Hastuti Wulandari | Editor Mahansa Eka Gerga Sinulingga

Pada bulan Ramadhan, kurma mendadak menjadi makanan favorit untuk berbuka. Selain mengikuti cara Rasulullah berbuka puasa, kurma ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak heran jika Rasulullah menganjurkan pada umatnya untuk berbuka puasa dengan kurma.

Kurma dipercaya sebagai sumber daya alam untuk nutrisi dan memberikan tubuh persentase protein yang tinggi, mineral, dan vitamin (vitamin A, B1, B2, dan BB yang merupakan bahan konstruktif untuk membangun jaringan dan otot tubuh). Selain itu, kurma membantu penyembuhan hati dari banyak penyakit parasit dan obat yang baik untuk hepatitis dan mengandung vitamin B2.

Kurma juga dipercaya mampu menunda elemen penuaan dan memberikan kekebalan terhadap kelelahan otak dan tubuh. Maklum saja, kurma juga mudah dicerna, merangsang urine, membersihkan ginjal, dan bermanfaat bagi hati.

Dari Salman bin Amir Radhiyallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda, “Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma karena kurma itu barakah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu menyucikan.” (HR Abu Daud dan At-Tirmizy)

Boleh dibilang, kurma merupakan makanan kesukaan Rasulullah SAW. Namun, perlu diketahui ruthab yang biasa disantap Rasulullah adalah kurma yang masih muda, segar, berair, dan tentu saja menyehatkan. Sementara itu, tamr merupakan kurma yang sering kita temukan di Indonesia.

Kurma hadir dalam berbagai jenis rasa dan tekstur. Ada kurma lembut dan kurma dengan tekstur kering. Semua jenis kurma memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini, berbagai jenis kurma yang bisa kita temui.

Kurma ajwa

Dari semua jenis kurma yang ada, kurma ajwa menjadi favorit dan paling banyak dicari. Termasuk oleh jemaah dari Indonesia ketika mereka beribadah umrah maupun haji. Harganya pun terbilang sangat mahal bila dibandingkan kurma lainnya.

Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash meriwayatkan sebuah hadis dari Rasulullah, “Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. (HR Bukhari Muslim)

Maklum saja, kurma ajwa dikenal memiliki khasiat untuk penyembuhan. Imam Al Khathabi mengatakan bahwa, “Kurma ajwa bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah SAW terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri.”

Kurma sukkari

Selain kurma ajwa, jenis lainnya yang banyak dicari orang adalah kurma sukkari. Kurma ini sangat bergizi dan dipercaya bermanfaat penyembuhan. Sukkari dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan juga membantu menghilangkan kelelahan. Di dataran Arab Saudi, jenis kurma sukkari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Bagi yang pernah mencicipi kurma ini pasti ingat akan rasanya yang renyah dan benar-benar manis.

Kurma anbara

Jika selama ini Anda hanya pernah mencicipi kurma berukuran kecil, sesekali cobalah kurma anbara. Ukurannya lebih besar bila dibandingkan kurma lainnya. Lantaran ukurannya yang besar serta berdaging tebal dengan biji kecil, tidak heran jika kurma yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Bahkan, kurma ini juga merupakan salah satu dari varietas yang paling mahal selain kurma ajwa tentunya. Maklum saja jika mahal harganya karena selain rasanya yang manis, kurma berwarna cokelat ini kaya akan protein.

Kurma safawi

Ketika berkunjung ke Madinah, sempatkan diri untuk mencicipi kurma safawi. Kurma yang satu ini sangat terkenal karena kandungan mineral yang tinggi. Memiliki tekstur yang sangat lembut, kurma safawi banyak dibudidayakan di Madinah. Berwarna hitam manis, kurma yang satu ini memiliki daging yang tebal dan penuh vitamin. Bukan hanya cita rasanya yang lezat, kurma safawi ini juga dikenal karena manfaatnya pada tubuh serta sifat penyembuhannya. Bahkan, jika dimakan pada saat perut kosong, kurma safawi dapat membunuh cacing perut.

Kurma mejdool

Dari sekian banyak kurma yang beredar di Indonesia, kurma mejdool bisa jadi merupakan salah satu yang menjadi favorit. Tidak heran jika ia dijuluki sebagai “Ratu Kurma”. Bentuk kurma yang satu ini terbilang besar dan bertekstur mirip bantal. Rasanya pun kuat dan manis. Asyiknya lagi, kurma ini seperti tidak kenal musim karena bisa ditemui sepanjang tahun. Dengan kekuatan rasa yang dimilikinya serta ketersediaan sepanjang tahun, tidak heran jika kurma ini sering kali digunakan dalam pembuatan minuman shake dan smoothie.

Nah, apakah Anda memiliki kurma favorit?