Ini 4 Ciri Kurma yang Baik Kualitasnya

06/05/2020, 17:00 WIB
Bagikan:
Penulis Fellycia Novka Kuaranita | Editor Mahansa Eka Gerga Sinulingga

Kurma menjadi penganan wajib saat Ramadhan. Selain rasanya yang enak, manfaatnya juga banyak. Untuk mendapat manfaat optimal, ketahui cara memilih kurma yang berkualitas.

Khasiat kurma untuk kesehatan memang tak perlu diragukan. Buah ini mengandung karbohidrat, protein, serat, serta beragam vitamin dan mineral. Pada waktu berpuasa, konsumsi kurma secara rutin saat sahur mampu membantu mencegah anemia dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sementara ketika berbuka puasa, kurma dengan cepat menggantikan energi yang terpakai selama perut kosong. Karena merupakan sumber serat yang baik, kurma juga mampu menjaga kesehatan pencernaan.

Semakin segar dan baik kualitas kurma, semakin optimal pula manfaat kesehatan bagi kita yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana memilih kurma yang baik. Berikut ini, sejumlah hal yang mesti diperhatikan.

1. Tampak mengilap dan tidak terlalu kering

Kurma yang baik akan tampak mengilap bagian luarnya karena kelembabannya masih terjaga dan kulit arinya masih utuh. Kurma yang ideal untuk dikonsumsi adalah yang punya kadar air kurang lebih 20 persen. Dari segi tampilannya, kurma seperti ini terlihat semibasah. Jika sudah mengerut dan tampak kering, kemungkinan kurma sudah terlalu lama disimpan.

2. Tekstur liat

Karena kelembaban masih terjaga dengan baik pada kurma yang berkualitas, tekstur daging buahnya terasa lebih liat. Strukturnya lebih elastis. Kurma semacam ini akan terasa legit sekaligus lembut ketika digigit.

3. Warna merata

Ada banyak jenis kurma, warnanya juga berbeda-beda, dari kuning hingga cokelat kehitaman. Yang paling umum kita temui di sini yang nuansa warnanya kemerahan sampai cokelat tua. Pilih yang warnanya merata, yang menandakan tingkat kematangan sudah baik. Pilih pula yang permukaannya masih mulus, tidak rusak.

4. Ukuran seruas jempol

Secara umum, 1 butir buah kurma yang sudah matang mempunyai berat kurang lebih 7 gram. Ini setara dengan 1 sampai 2 ruas ibu jari orang dewasa.

Nah, keempat ciri itu bisa membantu Anda untuk memilih kurma. Untuk lebih yakin, jika memungkinkan, Anda bisa cicipi kurma sebelum membeli agar lebih yakin akan teksturnya. Apabila membeli kurma di dalam kemasan, pastikan kemasan itu tertutup rapat. Ini penting agar kesegaran kurma terjaga.