Mengenal Tren Virtual Photoshoot ala Artis dan Selebgram

06/05/2020, 09:24 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

Pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang mengharuskan orang berada di rumah menciptakan banyak tren baru, salah satunya virtual photoshoot.

Virtual photoshoot merupakan sesi pemotretan jarak jauh yang dibatasi layar kaca. Aktivitas ini untuk menggantikan sesi pemotretan secara langsung yang terhambat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam praktiknya, fotografer akan melakukan panggilan video dengan sang model melalui FaceTime atau aplikasi aplikasi panggilan video lainnya, kemudian mengambil foto model dari layar tersebut.

Tren itu telah diikuti banyak orang termasuk artis dan selebgram Indonesia seperti Jessica Iskandar dengan fotografer Fandy Susanto, serta fotografer Michael Fabian Cools yang telah memotret Raisa, Afgasyah Reza, dan Rachel Vennya.

Tagar virtual photoshoot pun ramai melintasi lini masa Instagram. Meski dilakukan dari jarak jauh, hasil fotonya tidak kalah dengan hasil foto secara langsung.

Selain eksekusi foto, perencanaan foto pun dilakukan dari jarak jauh. Sebelum pengambilan gambar, fotografer akan berdiskusi dengan model untuk menentukan spot di rumah model yang pencahayaannya bagus.

Jika sudah, fotografer akan mengarahkan konsep foto, riasan, dan busana sesuai spot yang dipilih.

Kemudian, fotografer akan mengeksekusi foto dengan berbagai kreativitasnya seperti menggunakan properti plastik, mangkuk, hingga memaksimalkan aplikasi editing.

Agar hasil fotonya maksimal, virtual photoshoot sebaiknya dilakukan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Namun, tidak menutup kemungkinan juga virtual photoshoot dilakukan menggunakan kamera ponsel.

Mudah bukan? Yang terpenting dalam virtual photoshoot, fotografer dan model memiliki koneksi internet yang stabil agar gambar yang ada di layar berkualitas baik.