Bahan Makanan Ini Awet Meski Tidak Disimpan di Kulkas

07/05/2020, 13:06 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

Untuk mengurangi intensitas keluar rumah di masa pandemi Covid-19, perlu dilakukan trik-trik khusus. Termasuk menjaga bahan makanan tetap awet agar tidak perlu berbelanja setiap hari.

Bagi Anda yang ingin mengurangi intensitas berbelanja namun tidak memiliki kulkas, jangan khawatir. Beberapa bahan makanan dan teknik penyimpanannya berikut dapat membantu Anda untuk diam di rumah dan berbelanja satu kali saja dalam seminggu.

Sayuran

Beberapa sayuran yang awet disimpan di luar kulkas antara lain sawi, terong, wortel, labu siam, dan kubis. Untuk menambah masa ketahanannya, pastikan sayur berada dalam keadaan kering, kemudian tata pada wadah datar yang beralaskan tisu atau kertas kering.

Sayuran hijau

Agar tidak cepat layu, rendam batang sayuran hijau seperti kangkung dan bayam pada wadah berisi air. Dengan begitu, sayuran hijau bisa bertahan satu hingga dua hari.

Tempe

Agar lebih awet, taburkan garam di sekitar tempe, kemudian simpan dalam wadah tertutup.

Cabai

Siapkan cabai, petik tangkainya, dan pastikan cabai dalam kondisi kering. Kemudian, tata cabai pada wadah terbuka yang beralaskan tisu atau kertas kering. Pastikan cabai tidak saling menumpuk.

Bawang dan kentang

Simpan bawang dan kentang di wadah terbuka yang beralaskan tisu atau kertas kering.

Daun Bawang

Bersihkan kotoran yang ada di akarnya dan buang bagian yang sudah layu. Kemudian, simpan daun bawang pada gelas berisi air. Bila perlu, ganti airnya dua hari sekali.

Tahu

Cuci bersih tahu, kemudian rendam dalam air.

Tomat dan kentang

Bungkus tomat dan kentang menggunakan kertas koran, kemudian simpan di tempat kering.

Brokoli, kembang kol, dan alpukat

Bungkus ujung brokoli, kembang kol, dan alpukat menggunakan kertas, dan rapatkan menggunakan karet atau perekat. Dengan begitu pembusukannya dapat melambat.

Itulah beberapa bahan makanan dan cara penyimpanannya agar lebih awet. Semoga bermanfaat!