Tak Hanya untuk Anak, Mewarnai Juga Bermanfaat bagi Orang Dewasa

09/05/2020, 11:04 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Kurniasih Budi

Sebagian orang dewasa mungkin sering dipusingkan dengan beban kerja, atau tugas-tugas lainnya. Kondisi work from home seperti saat ini pun tak jarang menyebabkan kejenuhan yang berujung pada stres. Untuk mengatasi hal tersebut, kegiatan mewarnai patut dicoba.

Jangan salah, kini di rak-rak toko buku tersedia banyak buku mewarnai untuk orang dewasa.

Buku mewarnai orang dewasa berjudul Johanna Basford's Secret Garden misalnya, laris manis di pasaran. Buku tersebut terdiri dari beberapa tema antara lain etnik, hewan, hingga desain bunga.

Sejumlah produsen pensil warna juga meluncurkan satu set alat mewarnai khusus orang dewasa.

Tak perlu segan jika Anda ingin ikut mencoba. Sebab, para ahli menyatakan kegiatan mewarnai memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Konselor BetterHelp.com Dr. Martinez mengatakan, konsep mewarnai untuk orang dewasa ada sejak zaman psikolog Carl Jung. Menurutnya, mewarnai berguna untuk mengembangkan mental dan emosional, serta mengatasi kebosanan dan stres akibat pekerjaan.

Buku mewarnai orang dewasa juga dapat melatih konsentrasi sehingga menjadi cara yang menyenangkan untuk terapi.

American Art Therapy Association sendiri mengartikan terapi seni sebagai proses membuat dan menciptakan hasil karya seni sambil menjelajahi perasaan, mengumpulkan konflik emosional, memupuk self-awareness, mengembangkan keterampilan sosial, serta mengurangi kecemasan.

Namun perlu diingat, hasil terapi mewarnai yang dirasakan tiap orang bisa saja berbeda. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jika ingin memulai, situs ColoringBooks.net menyarankan, kegiatan mewarnai akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan pensil warna. Sebab, pensil warna memudahkan pencampuran warna atau gradasi.

Selama pandemi Covid-19, Anda bisa membeli buku dan alat mewarnai secara online, salah satunya melalui gramedia.com.