Baru Mulai Mengaji? Ini Tips Agar Khatam Alquran Sebelum Ramadhan Berakhir

12/05/2020, 16:32 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Alia Deviani

Tidak terasa bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke-19. Sayang rasanya jika bulan penuh berkah dan rahmat ini tidak dimanfaatkan dengan menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya.

Selain berpuasa dan shalat lima waktu, umat Islam juga disarankan untuk memperbanyak ibadah lainnya, seperti bersedekah, menunaikan shalat tarawih, dan mengaji.

Tahukah kamu? Membaca Alquran pada bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan. Selain mendapatkan ketenangan hati dan jiwa, dikatakan bahwa orang yang mahir membaca Alquran akan mendapatkan tempat di surga bersama para malaikat. 

Selain itu, Allah SWT menjanjikan akan melipatgandakan pahala orang-orang yang membaca Alquran. Membaca satu huruf ayat Alquran saat bulan Ramadhan setara dengan melakukan sepuluh kebaikan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dalam Hadist Tirmidzi, yaitu:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf."

Jadi, bayangkan betapa besar pahala yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mengkhatamkan Alquran.

Lantas, bagaimana kalau kamu baru sampai juz satu atau berencana untuk mulai mengaji? Selama ada niat dan kemauan, mengkhatamkan Alquran sebelum Hari Raya Idul Fitri pasti bisa diwujudkan. Jika merasa kesulitan, ada beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan.

  • Setengah juz sebelum atau sesudah shalat fardhu

    Kunci dalam mengkhatamkan Alquran dalam waktu 12 hari sebelum lebaran adalah menyelesaikan minimal tiga juz perhari. Agar terasa lebih mudah saat dikerjakan, kita bisa membagi bacaan sesuai jumlah ayat.

    Apabila dihitung secara kasar, Alquran memiliki 6.660 ayat dan kamu membaginya menjadi 12 hari, maka ada sekitar 555 ayat yang perlu kamu baca dalam sehari. Kemudian, 605 ayat di bagi lagi ke dalam lima waktu shalat, maka hasilnya adalah sekitar 111 ayat.

    Singkat kata, total ayat yang harus kamu baca, baik itu sebelum dan/atau sesudah melaksanakan sholat fardhu harus mencapai 111 ayat.
  • Gunakan waktu luang untuk membaca Alquran

    Ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari pandemi Covid-19. Meskipun harus beraktivitas di rumah saja, bukan berarti kualitas maupun kuantitas ibadah akan terpengaruh. Malah, kamu punya waktu luang lebih banyak untuk beribadah, termasuk mengaji. 

    Dengan begitu banyaknya waktu dan keleluasaan, bukan tidak mungkin kamu bisa menyelesaikan tiga juz dalam satu hari. Jika dirasa mampu, kamu juga bisa lho menambah jumlahnya agar bisa khatam lebih cepat.

  • Bulatkan niat dan jaga konsistensi

    Bagi sebagian orang, mengkhatamkan Alquran mungkin tidak mudah dilakukan. Bukan karena terlalu sulit, tetapi karena tidak diiringi dengan niat dan dijalankan secara konsisten. 

    Tanpa kedua hal tersebut, semua tips yang kamu baca akan sia-sia, karena rasa malas dan kebiasaan menunda-nunda akan selalu datang menghantui. Oleh karena itu, pastikan kamu menjalankannya dengan niat yang kuat dan juga hati yang ikhlas.