Polusi Menurun Saat Pandemi, Ini Potret Langit Indah di Berbagai Negara

15/05/2020, 16:33 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia juga sedang berduka seiring meningkatnya penyebaran Covid-19. Beberapa negara bahkan telah menerapkan kebijakan lockdown demi menekan angka penularan virus. Pemerintah Indonesia pun membuat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) agar masyarakat melakukan aktivitas di rumah baik beribadah, belajar, maupun bekerja.

Hal itu membuat aktivitas kota di Indonesia berbeda dari biasanya karena lalu lintas yang cenderung sepi. Tak ayal, hal tersebut sedikit banyak membantu berkurangnya polusi udara. Penurunan tingkat polusi udara dapat dilihat dari berbagai pemandangan langit di berbagai dunia yang tampak lebih bersih dan indah. Bahkan, beberapa orang mengunggah penampakan langit tersebut ke media sosial agar bisa menikmati bersama meskipun lewat dunia maya.

Jakarta, Indonesia

Langit cerah di Jakarta banyak diabadikan oleh para warganet. Biasanya, langit Jakarta cenderung gelap tertutup polusi. Namun, sejak penerapan physical distancing tingkat polusi udara di Jakarta menurun sehingga menampakkan warna senja yang indah.

Delhi, India

India menjadi salah satu negara yang memberlakukan kebijakan lockdown. Sejak penerapan kebijakan tersebut, langit india yang biasanya tertutup polusi tinggi kini bisa disaksikan sangat cerah dan lebih biru. Bahkan, pertama kalinya dalam beberapa dekade, penduduk India dapat melihat pemandangan pegunungan Dhauladhar Himachal Pradesh yang berjarak 213 km dari kota.

Semenanjung Kelvin, New Zealand

Selandia Baru juga menjadi salah satu negara yang menerapkan kebijakan lockdown. Dampak dari berkurangnya aktivitas luar ruangan secara drastis membuat masyarakat Selandia Baru dimanjakan keindahan pemandangan langit yang lebih asri, salah satunya di Semenanjung Kelvin.

Munich, Jerman

Meskipun tidak menerapkan kebijakan lockdown, Jerman memberlakukan berbagai pembatasan yang cukup ketat. Bisnis dan toko-toko non-esensial ditutup, sementara pertemuan keagamaan akan dilarang dan perjalanan liburan akan dihentikan. Dengan berkurangnya aktivitas para warga di luar ruangan, langit biru nan cerah pun bisa dinikmati oleh masyarakat Jerman.

Teneriffa, Spanyol

Spanyol juga menerapkan kebijakan lockdown seperti yang dilakukan oleh beberaga negara lain sejak 14 Maret lalu. Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sánchez menetapkan el estado de alarma (state of alarm/status alarm) untuk menekan angka penyebaran Covid-19, karena angka kasus positif dan kematian kian meningkat. Bahkan, sistem lockdown juga diterapkan beberapa pulau kecil di kawasannya.

Nah, bagaimana dengan pemandangan langit di daerahmu? Apakah lebih elok dari biasanya?