Enggak Cuma Segar, Mandi Air Dingin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

15/05/2020, 16:38 WIB
Bagikan:
Penulis Bardjan | Editor Dana Delani

Mandi dengan air dingin memang menyegarkan, cocok untuk bikin tubuh lebih sejuk selama bulan puasa. Ternyata, tidak hanya menyegarkan tubuh, mandi air dingin juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan penyakit.

Penelitian membuktikan beragam fakta mandi air dingin berdampak positif pada sistem imun tubuh. Salah satunya adalah riset yang diterbitkan di jurnal ilmiah PLOS One (2018) yang dikutip Kompas Health.

Melibatkan 3.018 responden yang mandi air panas dan dingin selama 30 sampai 90 detik di Belanda. penelitian tersebut menyatakan, responden yang rajin mandi pakai air dingin, lebih sedikit absen atau tidak masuk kantor karena sakit ketimbang orang yang tidak mandi dengan air dingin.

Ditemukan juga fakta bahwa orang yang mandi pakai air dingin cenderung memiliki proses penyembuhan lebih cepat ketimbang yang tidak mandi pakai air dingin.

Dampak positif mandi air dingin dengan daya tahan tubuh

Dikutip dari situs Marque Medical, London Thrombosis Research Institute menyebutkan bahwa mandi dengan menggunakan air dingin dapat mendukung tubuh dalam mengembangkan imunitas terhadap bibit penyakit.

Selain itu, seorang perwakilan peneliti Geert A. Buijze menjelaskan, orang yang mandi air dingin merasa periode sakit bisa lebih pendek atau gejala sakitnya tidak parah.

Seseorang yang mandi dengan air dingin juga cenderung tetap berstamina, sebab kondisi fisiknya tidak menurun. Meski Buize tidak sepakat dengan hubungan langsung antara mandi air dingin dengan daya tahan tubuh, ia menjelaskan bahwa daya tahan tubuh seseorang dapat dipengaruhi suhu air yang dipakai mandi.

Ini dikarenakan, saat mandi air dingin, tubuh akan menggigil secara alami untuk meningkatkan suhu alami tubuh. Hal ini, menurut dia, dapat memicu hormon kortisol meningkat. Namun setelah itu, kita akan menjadi rileks. Menjaga tubuh tetap rileks dan tidak stres juga bisa jadi cara meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Tingkatkan metabolisme

Dilansir Healthline, mandi dengan air dingin juga dapat mengaktifkan lemak cokelat yang baik untuk tubuh.  Saat diaktifkan, suhu tubuh jadi tetap hangat dan pembakaran kalori aktif berjalan. Itu berarti, ketika seseorang Anda mandi air dingin proses metabolisme akan lebih cepat.

Dengan begitu, rutin mandi air dingin menyebabkan pembakaran kalori lebih cepat dan dapat meminimalisasi risiko obesitas hingga diabetes. Hal ini tentunya didukung oleh pola makan yang sehat dan aktivitas fisik.

Jadi, mandi air dingin tak cuma bikin badan segar, tetapi juga dapat membangun sistem imun tubuh yang lebih baik dan membuat Anda lebih berenergi. Yuk, rutin mandi pakai air dingin!