Belajar Banyak Soal Wabah Virus Lewat Serial ‘Pandemic’

18/05/2020, 17:50 WIB
Bagikan:
Penulis Bardjan | Editor Dana Delani

Menonton film bertemakan wabah virus dapat menambah wawasan kita mengenai pandemi. Selain itu, kita dapat memetik pelajaran dan memahami keadaan dengan berkaca terhadap kondisi yang tengah terjadi saat ini. Sudah banyak film fiksi bertemakan wabah virus yang beredar, seperti Contagion (2011), Outbreak (1995), 12 Monkeys (1995), hingga The Flu (2013).

Film bertemakan virus terbaru hadir dalam serial film  dokumenter (docu-series) berjudul Pandemic: How to Prevent an Outbreak. Serial berjumlah enam episode ini tayang resmi di Netflix pada 22 Januari 2020 dan dapat diakses oleh seluruh pengguna di dunia. Pandemic adalah serial dokumenter edukatif yang menceritakan penyebaran penyakit virus sepanjang sejarah umat manusia. Dilihat dari tangal rilisnya, film Pandemic hadir ketika virus corona baru saja mulai menyebar ke seluruh China, terutama Wuhan, dan belum menjangkau bagian lain dunia.

Secara garis besar, keenam episode ‘Pandemic’ menjelaskan bagaimana awal mula virus mewabah dan menyebar dengan cepat hingga ke seluruh dunia dengan pola persebaran wabah khas. Beragam virus yang disinggung antara lain virus influenza general, H1N1, H5N1, hingga Ebola.

Meski tidak terang-terangan menyebut virus Corona, namun kondisi dalam film dokumenter tersebut sangat menggambarkan keadaan saat ini, misalnya penyebaran virus yang cepat hingga menjadi pandemi global, layanan kesehatan yang kelebihan kapasitas, tenaga medis yang berjuang di garda depan, hingga perjuangan menciptakan dan menyebarkan vaksin ke seluruh dunia. Film Pandemic menyorot lika-liku para pahlawan kesehatan dalam menangani wabah virus, mulai dari ilmuwan, dokter, pakar bencana, hingga sukarelawan.

Misalnya, Dr Syra Madad, seorang dokter yang berjuang membenahi sistem rumah sakit di Kota New York dan siap menghadapi pandemi  mematikan, meski ada pemotongan anggaran. Selanjutnya, ada Jake Glanville dan Sarah Ives, dua ilmuwan yang mencoba membuat vaksin flu one-shot global yang dapat mereka sediakan secara gratis bagi orang-orang di negara-negara berkembang. Selain itu, ada pula para sukarelawan yang mengantarkan suntikan flu di perbatasan

Apa yang bisa dipelajari dari docu-series Pandemic?

Menonton Pandemic mungkin akan memperingatkan kita untuk senantiasa memelihara kesehatan, sebab para ahli medis yakin bahwa akan ada versi lain dari wabah virus mematikan yang kelak akan menghantui dunia. Hanya perlu satu orang terinfeksi untuk memulai sebuah wabah. Melalui setiap episodenya, penonton akan disadarkan mengenai risiko virus misterius yang bergerak cepat.

Untuk itu, penting untuk melakukan tindak pencegahan penyebaran virus, seperti menjaga daya tahan tubuh, menjaga sanitasi, dan beragam upaya untuk memutus rantai penyebaran virus, seperti melakukan physical distancing dan mengurangi bepergian keluar rumah. Upaya di atas juga menunjukan dukungan penuh terhadap para tenaga medis agar tidak semakin terbebani pekerjaannya. Terlebih, para pejuang garda depan inilah yang paling rentan terkena penularan virus setiap harinya.

Misalnya saja, dalam film diceritakan bahwa banyak dari petugas medis meninggal dan terbunuh ketika melawan virus Ebola di Afrika. Di belahan dunia lain, para dokter India berjuang di rumah sakit yang penuh sesak menghadapi 1.000 pasien miskin yang terpapar gejala flu babi serius.

Episode kelima menunjukan bagaimana masyarakat, mulai dari komunitas keluarga hingga agama turut membantu dokter dan tenaga pendukung medis tetap kuat dalam menghadapi wabah. Setelah menonton film ini, mungkin kita akan menyikapi opini para ahli medis dengan lebih serius. Para ahli memperingatkan dunia ‘sangat tidak siap’ untuk pandemi di masa depan. Pelayaan kesehatan yang tak memadai akan menjadi ancaman yang berisiko bagi banyak nyawa.

Mereka memperingatkan akan datangnya pandemi baru yang dapat memakan nyawa ratusan juta orang, terutama jika pola penyebarannya persis seperti Flu Spanyol tahun 1918. Episode terakhir, yang menjelaskan apa yang bisa dilakukan untuk memerangi flu, akan sangat membantu bagi mereka yang ingin menghindari penyebaran coronavirus, karena banyak metode yang serupa. Tidak hanya hilangnya nyawa, pandemi telah menyebabkan gangguan luas ke pasar keuangan, tempat kerja, pola penerbangan dan produksi makanan.

Jika kamu menginginkan tontonan yang informatif, memanjakan secara visual, dan lekat dengan kondisi pandemi saat ini, yuk tonton Pandemic di layanan streaming Netflix.