5 Ide Hiasan Alami Agar Kolam Ikan Berseri

13/05/2020, 15:26 WIB
Bagikan:
Penulis Tyas Ing Kalbu | Editor Mahansa Eka Gerga Sinulingga

Mempunyai lebih banyak waktu luang selama periode WFH? Agar tidak bosan di rumah, mengapa tidak membuatnya tampil lebih cantik? Misalnya dengan menghias kolam ikan.

Kolam ikan yang hanya bermodalkan batu kali, ikan koi, apalagi bentuknya cuma persegi, tentu akan terasa dingin dan tak menghadirkan energi. Oleh sebab itu, kolam sebaiknya juga disolek dengan hiasan alami sehingga tampak berseri. Tak susah sebenarnya mencari ide hiasan alami untuk kolam ikan.

Beberapa jenis tanaman air, gulma, dan bebatuan dapat dipakai untuk menghias kolam. Biayanya juga tak mahal. Berikut ini adalah 4 ide hiasan alami agar kolam ikan berseri.

1. Teratai

Teratai menjadi bunga yang paling banyak dipilih untuk menghias kolam. Apalagi bunga ini juga memiliki pilihan warna selain putih. Bagi orang yang gemar bermeditasi, bunga teratai yang tumbuh di permukaan air juga menjadi lambang kebaikan. Selain bunga yang indah, daunnya yang melandai di permukaan air berfungsi meredam paparan sinar matahari dan menjaga tingkat keasaman air kolam. Selain itu, akarnya bermanfaat untuk pakan ikan.

2. Batu kali

Selain memilih tanaman air, dinding kolam sebaiknya dibuat dari batu kali. Dibanding batu bata yang dibalut semen, batu kali menghadirkan kesan yang lebih membumi dan dapat menekan pertumbuhan lumut. Bila lahan yang tersedia terbatas, kolam bisa didesain persegi dan dindingnya dibuat dengan batu kali yang dipotong berbentuk balok. Ini akan menghasilkan kolam minimalis dengan satu-dua bunga teratai di dalamnya.

3. Bebatuan kecil

Bebatuan yang ukurannya lebih kecil dapat disebarkan di dasar kolam untuk menambah estetika. Namun, jangan gunakan bebatuan yang dicat sebab bahan kimia cat bisa meracuni ikan. Penjual ikan hias banyak yang menyediakan bebatuan kecil berwarna putih yang berasal dari laut. Ini bisa dipilih untuk mendandani dasar kolam.

4. Rumput hias

Di sekitar kolam sebaiknya ditanami rumput hias untuk menambah keasrian lingkungan. Perhatikan juga peletakan peralatan kolam, seperti saluran udara, pompa air, dan filter. Usahakan ditata secara rapi dan diletakkan di tempat yang mudah dibersihkan. Peralatan tadi dibutuhkan untuk memelihara ikan dan menjaga kejernihan air.

5. Aksen warna

Bila kolam sudah memiliki komposisi warna hijau dan putih yang berasal dari bunga teratai, sudah terdapat warna hitam dari batu kali, maka dibutuhkan warna merah dan kuning sebagai aksen. Warna merah dan kuning tadi dapat dipenuhi oleh ikan hias yang kita pelihara. Untuk itu, beberapa ekor ikan koi dapat kita masukkan ke dalam kolam.