Mata Lelah Saat Bekerja di Rumah? Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

22/05/2020, 14:12 WIB
Bagikan:
Penulis Aditya Mulyawan | Editor Alia Deviani

Seiring dengan situasi pandemi yang masih berlangsung, banyak dari kita yang semakin terbiasa untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Meski terdengar lebih santai dan nyaman, bekerja di rumah memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah kelelahan mata akibat karena lama memandang layar laptop dan ponsel.

Hal tersebut diakibatkan oleh cahaya biru dari layar komputer atau ponsel yang dapat menyebabkan iritasi dan mata kering.

Melansir Mayo Clinic, beberapa gejala mata lelah diantaranya adalah mata perih atau gatal, berair atau kering, penglihatan kabur, nyeri pada leher, dan sakit kepala.

Oleh karena itu, berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meredakan kelelahan mata saat bekerja di rumah.

  • Istirahat Secara Rutin
    Berada di depan layar komputer atau ponsel terlalu lama akan menyebabkan masalah pada otot di mata.

    Usahakan untuk beristirahat secara rutin ketika bekerja di depan komputer, misal setiap satu atau dua jam sekali.

    Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti peregangan atau sekedar membuat minuman hangat di dapur untuk mengalihkan mata dari hadapan layar komputer dan ponsel.

  • Perbanyak Berkedip
    Saat Anda fokus dan terpaku pada pekerjaan, mata akan lebih sedikit berkedip. Hal tersebut membuat pandangan memburam karena mata kering dan lelah.

    Oleh karena itu, cobalah untuk lebih sering berkedip. Berkedip akan membuat sirkulasi kelembapan di mata lebih baik dan memberi “pelumas” pada mata.

  • Gerakkan Mata
    Anda bisa melatih otot mata dan menstimulasi sirkulasi di sekitar mata dengan menggerak-gerakkannya secara rutin.

    Gerakkan mata pada kedua arah sekitar 20 kali. Anda juga mengalihkan fokus pada objek lain yang berada di jarak sekitar tiga meter selama beberapa detik.

  • Memijat Mata
    Anda bisa mengatasi kelelahan mata dengan coba memijatnya. Gosoklah telapak tangan hingga terasa hangat.

    Setelah itu, letakkan telapak tangan di mata selama kurang lebih 10 menit. Tutuplah mata saat melakukan hal tersebut agar hasilnya lebih efektif.

  • Atur Pencahayaan dan Posisi Layar
    Cara lain untuk mencegah kelelahan mata adalah dengan mengatur pencahayaan dan posisi layar komputer atau ponsel Anda.

    Pastikan untuk menjaga jarak aman antara layar dan mata, sekitar 50-60 cm. Selain itu, aturlah pengaturan kontras layar agar tidak terlampau terang. Usahakan juga untuk menggunakan ukuran huruf yang tidak terlalu besar atau kecil.