Amalan Selama Ramadan Meskipun Harus #DiRumahAja

18/05/2020, 20:15 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Ramadan menjadi bulan yang sangat spesial. Sayangnya, tahun 2020 umat muslim di seluruh dunia harus melaluinya dengan suasana karena tengah terjadinya pandemi Covid-19.

Bahkan, Pemerintah Indonesia pun turut mengimbau agar umat muslim di Indonesia tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal tatpi juga menerapkan physical distancing.

Meski demikian, bukan berarti keberkahan bulan Ramadan lantas surut begitu saja. Selain berpuasa, terdapat anjuran amalan-amalan lain yang bisa ditunaikan dan bernilai pahala di bulan penuh rahmat ini. Terlebih, segala perbuatan kebajikan, akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa anjuran amalan yang tetap bisa dilakukan meskipun harus #DiRumahAja.

Tadarus

Bertadarus atau membaca Alquran menjadi amalan yang memiliki kemulian besar di bulan Ramadan. Ketika bertilawah, membaca satu huruf dalam Alquran akan diberikan ganjaran berupa kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

Jadi, meskipun tidak bisa melakukan tadarus bersama di masjid, kamu tetap bisa menunaikanya di rumah.

Selain itu, kitab suci Alquran pun turun pada bulan Ramadan, tepatnya pada 17 Ramadan yang disebut sebagai Malam Nuzulul Quran.

Bersedekah

Salah satu bentuk anjuan bersedekah yang dianjurkan selama bulan Ramadan ialah dengan memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang-orang yang menunaikannya.

Dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya.” (HR At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah).

Maka dari itu, memberi makan saat berbuka bagi orang yang berpuasa sangat dianjurkan karena balasannya sangat besar. Bahkan, meskipun hanya berupa sebutir kurma atau seteguk air putih saja.

Anda bisa menyiasatinya dengan memesan melalui aplikasi online atau dengan turut serta melalui kegiatan-kegiatan sosial.

Silaturahmi

Meski harus menerapkan physical distancing, bukan berarti kegiatan bersilaturahmi menjadi terhambat. Dengan kemudahan teknologi seperti saat ini, kita bisa memanfaatkannya untuk tetap menjalin silaturahmi dan terhubung dengan teman serta keluarga terkasih.

Terlebih, bagi siapa saja yang mampu memperpanjang tali silaturahmi dan memudahkan urusan saudaranya Allah SWT. menjanjikan kemudahan dan pahala.

Janji Allah tersebut tertuang dalam sabda r yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Nah, meskipun harus tetap di rumah, jangan sampai Anda melewatkan amalan bernilai pahala di bulan penuh berkah ini. Tapi, yang paling utama lakukan semuanya dengan ikhas dan niat yang lurus untuk mengharap ridha Allah SWT.