WFH Pola Tidur Berantakan? 5 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Insomnia

19/05/2020, 13:05 WIB
Bagikan:
Penulis Dea Duta Aulia | Editor Dana Delani

Apakah kamu merasa pola tidur semakin berantakan selama WFH (work from home)? Kewajiban masuk pagi di kantor enggak lagi kamu rasakan sehingga membuat kamu tidur larut malam.

Padahal keesokan harinya, kamu masih harus kerja dan kebiasaan tidur yang tidak baik itu tentu akan mengganggu pekerjaan. Tahukah kamu, menurut American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kinerja sel untuk memerangi penyakit?

Padahal di tengah pandemi sekarang ini, kemampuan tubuh untuk melawan virus-virus sangat dibutuhkan.

Sudah usaha tidur tapi masih tetap saja sulit? Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi guna tingkatkan kualitas bobok. Berikut adalah 5 aplikasi bisa jadi referensi. 

Relax Melodies

Lewat aplikasi ini, kamu bisa menikmati berbagai soundtrack pengiring tidur dari beragam pilihan suara, misalnya orchestra, suara alam, hingga musik-musik yang pas untuk meditasi.  Uniknya saat menggunakan aplikasi ini, kamu juga disuguhkan tampilan grafik yang menarik, interaktif, dan menjadi daya tarik tersendiri.

Pzizz

Selain Relax Melodies, aplikasi Pzizz juga pas buat kamu yang ingin mendapatkan tidur berkualitas. Di aplikasi ini, kamu bisa memainkan dreamscape yang bisa membuat pikiran lebih rileks.

Efek suara yang disajikan Pzizz juga menjamin pendengarnya bisa tidur lebih nyenyak. Yang paling penting, aplikasi ini tersedia gratis untuk pengguna iOS dan Android.

Sleep Genius

Bukan cuma kamu yang enggak bisa tidur, para astronot NASA rupanya sering mengalami insomnia. Untuk mengatasi masalah itu, aplikasi Sleep Genius pun dibuat. Aplikasi ini menggunakan suara yang dapat menggiring otak pendengarnya untuk tidur lebih cepat dan bangun tidur saat tubuh sudah merasa cukup.

Namun, untuk memanfaatkan aplikasi ini, kamu harus sedikit merogoh isi dompet. Sebab, Sleep Genius merupakan aplikasi berbayar.

Rain Rain Sleep Sounds

Banyak orang meyakini mendengarkan suara gemericik air hujan menjadi obat yang ampuh untuk membantu kita tertidur. Nah, dengan bantuan teknologi, kamupun bisa mendengarkannya tanpa perlu harus menunggu hujan.

Sebab saat ini, sudah ada aplikasi Rain Rain Sleep yang menyediakan suara gemericik hujan dengan kualitas yang jernih. Aplikasi tersebut juga menyediakan suara-suara alami, seperti ombak hingga petir.

White Noise – Sleeping Sounds

Melalui aplikasi ini, kamu akan mendapatkan suara-suara yang begitu menenangkan. Suara alam yang terdapat di aplikasi ini ternyata dapat membuat pikiran pendengarnya lebih tenang.

Bahkan suara yang disediakan di aplikasi ini, sangat cocok untuk mengusir bising yang biasa membuat kamu sulit tertidur.

Selamat mencoba!