Tips Tingkatkan Kualitas Tidur agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

22/05/2020, 12:39 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Alia Deviani

Untuk mencegah paparan virus corona, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan, antara lain mencuci tangan, menjaga jarak, berdiam diri di rumah, dan menjaga imun tubuh.

Dalam menjaga imun tubuh, terdapat satu cara sederhana yang mudah dilakukan, yaitu tidur dengan cukup. Pakar pengobatan tidur Michael Breus menyatakan, tidur membantu produksi sel T yang memainkan peranan penting dalam respons sistem imun.  

Sebaliknya, kurang tidur rentan menyebabkan penurunan profilerasi limfosit yang merupakan bagian dari sistem imun.

Oleh sebab itu, kualitas tidur pun menjadi penting untuk diperhatikan. Tim terhubungdaritumah.com telah merangkum sejumlah tips untuk menjaga kualitas tidur.

  • Gunakan kasur yang nyaman
    Kasur yang nyaman dapat melancarkan peredaran darah serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

  • Matikan lampu
    Para peneliti menyatakan, lampu yang menyala dapat merangsang produksi hormon di dalam tubuh. Hal tersebut membuat diri menjadi gelisah dan kualitas tidur berkurang.

    Maka dari itu, tidur dengan lampu yang dimatikan dapat mencegah terbangun ketika tidur.

  • Matikan perangkat elektronik
    Dengan mematikan perangkat elektronik, aliran darah ke otak menjadi lebih optimal dan tubuh berubah lebih rileks.

  • Tidur di bawah pukul 12 malam
    Ketika tidur di bawah pukul 12 malam, tubuh akan melakukan proses metabolisme, regenerasi, dan rekonstruksi sel secara lebih optimal.

  • Ciptakan suasana yang nyaman
    Suasana tidur akan memengaruhi situasi hati dan pikiran. Maka dari itu, penting menciptakan suasana tidur senyaman mungkin. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur suhu ruangan.

Itulah bebetapa tips untuk menciptakan tidur yang berkualitas. Setelah ini, usahakan selalu tidur dengan kualitas yang baik ya!