Cara Menyimpan Kamera Agar Tidak Mudah Berjamur

22/05/2020, 14:01 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Alia Deviani

Tingginya angka kasus Covid-19 virus corona membuat pemerintah Indonesia mengambil langkah cepat. Salah satu langkah yang diambil untuk memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di rumah, mulai dari bekerja, belajar, hingga beribadah.

Artinya, menjalankan hobi pun harus dilakukan dari rumah, termasuk fotografi. Namun, bagaimana dengan yang menyukai fotografi perjalanan? Kamu bisa mencoba jenis fotografi lainnya, seperti memotret produk atau makanan.   

Nah, selama di rumah, jangan biarkan kamera DSLR dan lensamu tergeletak di sembarang tempat atau tersimpan begitu saja. Sebab, kamera memiliki komponen yang mudah sekali tepapar jamur.

Biasanya, kamera akan rentan berjamur jika disimpan di dalam tas atau lemari dalam kurun waktu yang cukup lama. Padahal, kamera harus disimpan dalam suhu ruangan yang ideal, karena kelembapan udara menyebabkan tumbuhnya jamur.

Banyak kerugian bila lensa kamera sudah ditumbuhi oleh jamur. Salah satunya gambar yang dihasilkan menjadi lebih pucat dari aslinya.

Untuk menjaga kamera agar tetap dalam kondisi yang baik, berikut ini beberapa tips cara simpan kamera yang dilakukan di rumah.

  • Bersihkan bodi kamera
    Sebelum hendak menyimpan body dan lensa kamera dalam kurun waktu yang cukup lama alangkah baiknya dibersihkan terlebih dahulu.

    Kamu bisa membersihkan body dan lensa kamera dengan menggunakan cairan khusus pembersih untuk merawat body dan lensa kamera. Aplikasikan cairan tersebut pada kain mirco fiber optic, lalu poleskan kain tersebut ke seluruh body juga lensa kamera.

    Untuk lensa, pastikan untuk selalu memasang lens cap ketika lensa tidak digunakan. Lens cap akan melindungi lensa kamera dari debu atau sidik jari. Selain itu, fungsi lens cap juga mampu menjaga agar lensa tetap bersih dan terlindung dari segala benturan.

  • Lepaskan strap dan baterai kamera
    Lepas strap saat kamera akan disimpan karena biasanya strap saat digunakan menyerap keringat tubuh sehingga bisa menimbulkan jamur.

    Selain strap, baterai kamera juga sebaiknya dilepaskan saat tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

    Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa baterai yang terus terpasang pada kamera, walaupun dalam keadaan mati, dapat mengurangi daya pada baterai secara perlahan. Selain itu, baterai juga dapat mengalami kebocoran, sehingga membuat baterai serta kamera tidak dapat berfungsi secara normal kembali.

  • Dry Kabinet dan Dry Box
    Bagi kamu yang sangat suka dunia fotografi serta memiliki lebih dari satu kamera, alangkah baiknya kalau kamu membeli dry cabinet. Dry cabinet ialah lemari khusus yang dirancang untuk menyimpan barang-barang elektronik.

Dengan menggunakan dry cabinet, kamu bisa mengatur angka kelembapan yang ideal, yakni berkisar 40-50 persen kelembapan tergantung lingkungan tempat tinggal.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan dry box yang harganya relatif lebih terjangkau dan lebih mudah didapatkan di toko atau bahkan di rumah. Ketimbang membeli baru, kamu bisa memanfaatkan toples atau tempat bekal makanan sebagai dry box. Namun, jangan lupa menambahkan sejumlah silica gel untuk membantu menyerap kelembaban.