Masih Harus Berkegiatan di Luar? Lakukan Hal ini Saat Sampai ke Rumah

08/04/2020, 21:40 WIB
Bagikan:
Penulis Sheila Respati | Editor Sheila Respati

 

Walaupun pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk bekerja dari rumah, tidak semua kegiatan usaha bisa menerapkan kebijakan ini. Sehingga, masih banyak orang harus beraktifitas di luar rumah.

Seperti para petugas medis yang kita tengah berjuang membantu pasien, para pekerja di supermarket dan apotik, pengusaha UMKM yang harus tetap membuka usahanya agar tetap memiliki pemasukan, ataupun Anda yang harus keluar rumah untuk membeli beberapa kebutuhan.

Untuk mengurangi risiko, dan demi mencegah penularan penyakit COVID-19  yang menjadi pandemik saat ini, Anda bisa disiplin menerapkan rutinitas tambahan guna meningkatkan kebersihan diri sesampainya di rumah sebagai berikut.

Melepaskan segala alas kaki di luar ruangan, rutinitas ini baiknya dijadikan tradisi saat memasuki tempat tinggal walaupun tidak ada wabah penyakit. Mengingat sepatu pasti memiliki banyak partikel kotor karena terkena permukaan jalan atau tanah secara langsung.

Bergegas mencuci tangan sesampainya di rumah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh wajah adalah cara terampuh untuk mencegah penularan virus. Terutama bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum.

Membuang masker yang dikenakan selama di pejalanan pulang luar, hal ini dilakukan jika Anda menggunakan masker sekali pakai. Pastikan untuk merobek masker dan memasukannya ke plastik sebelum dibuang ke tempat sampah.

Jika menggunakan masker kain, cucilah dengan cairan disinfektan seperti Dettol, secara rutin. Dan ingat untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memegang masker apapun.

Menyemprotkan cairan disinfektan pada permukaan barang yang Anda bawa beraktifitas keluar. Hal ini bisa dilakukan pada jaket, tas yang dikenakan, kacamata, hingga peralatan elektronik Anda seperti smartphone dan laptop. Kandungan alkohol minimal 70 persen bisa membantu membunuh virus diatas permukaan benda yang kita miliki. 

Langsung mencuci semua pakaian yang Anda kenakan dihari itu. Mencuci dengan deterjen pun sudah cukup. Jika Anda tidak memiliki waktu, pastikan pakaian disimpan di dalam ember tertutup kemudian diletakan di luar ruangan. Cobalah untuk tidak menimbun pakaian terlalu lama.

Mandi dengan sabun antiseptic setiap pulang ke rumah, terutama sebelum Anda merebahkn diri ke sofa, tempat tidur, ataupun berinteraksi dengan siapapun.

Membersihkan badan dari ujung kepala hingga ujung kaki merupakan salah satu cara menurunkan risiko memaparkan penyakit kepada anggota keluarga yang berada di rumah.

Saat berada di lingkungan kerja, selalu ingat untuk menerapkan physical distancing dengan menjaga jarak 1 hingga 2 meter dengan orang di sekitar Anda.

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk penyakit COVID-19. Anda pun tidak bisa mengetahui siapa yang terpapar penyakit tersebut atau tidak, yang bisa Anda lalukan adalah menerapkan langkah-langkah pencegahan dengan senantiasa menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan. (Penulis: Kaina Harini/ Editor: Sheila Respati)