Teruntuk yang Semangat Bekerja di Luar, 5 Tips Ini Bantu Kamu Berbuka di Jalan

19/05/2020, 13:07 WIB
Bagikan:
Penulis Firda Fitri Yanda | Editor Dana Delani

Tak seberuntung mereka yang bisa bekerja di rumah, sebagian besar dari kita terpaksa masih harus tetap keluar rumah untuk bekerja sembari menjalani ibadah puasa di bulan yang suci ini.

Keadaan ini pun terkadang memaksa kita untuk tak bisa berbuka puasa di rumah. Mau tak mau, berbuka di jalan jadi solusi. Jika kamu salah satu diantaranya, supaya tetap aman dan terhindar dari kemungkinan tertular virus COVID-19, ada beberapa langkah khusus yang bisa dilakukan.

Pastikan Kebersihan Makanan

Mau membeli makanan di manapun, baik di pinggir jalan atau di restoran yang tetap buka di masa pandemi ini, hal pertama yang harus dilakukan pastikan kebersihan makanan dari tempat yang kamu pilih.

Untuk memastikannnya, perhatikan kebersihan pekerja yang menyajikan makanan. Pilihlah restoran, toko, atau kedai dimana pekerjanya menggunakan masker dan sarung tangan ketika menyajikan makanan, sebab dengan begini kebersihan makanan yang tersaji tetap terjaga.

Selain itu, pilih juga makanan yang tersaji terbungkus dengan baik untuk mengurangi kontaminasi makanan dengan udara luar.

Tak hanya itu saja, perhatikan juga kebersihan restoran atau kedai tempatmu membeli makanan, sebab dengan suasana tempat berjualan yang bersih tentu kebersihan makanan tempat tersebut sudah dapat dipastikan.

Pilih Makanan Bergizi

Selain kebersihan, kandungan gizi dari makanan yang kamu beli juga tetap harus diperhatikan. Semisal dari pada membeli makanan cepat saji atau gorengan, lebih baik membeli roti yang kandungan gizinya jauh lebih baik dan lebih sehat.

Dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi, kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga apalagi bagi kamu yang harus tetap bekerja di tengah pandemi ini.

Makanan di Minimarket atau Swalayan

Jika masih merasa ketakutan membeli makanan yang langsung jadi. Memilih makanan di minimarket atau swayalan bisa juga menjadi pilihan untuk santap berbuka. Contohnya saja seperti roti, biskuit, kurma kemasan, susu kemasan, teh kemasan, dan buah dalam kemasan bisa dipilih.

Itu karena makanan yang terjual di minimarket atau swalayan sudah terpasti kebersihan karena dilakukan berdasarkan standar pabrik tempat mereka dibuat.

Selain itu, penyajian makanan dan minuman di minimarket yang terbungkus rapat juga jadi jaminan kesterilan dan kebersihan makanan tetap terjaga.

Membawa Makan Dari Rumah

Jika tak percaya dengan kebersihan makanan yang dibuat orang lain atau yang dibeli di luar, membawa makanan dari rumah bisa jadi cara jitu ketika berbuka di jalan. Cukup membawa makan kecil namun bisa memberikan tenaga seperti kurma, kue, potongan buah, dan makanan kecil lainnya.

Dengan begitu, selain makanan yang kamu santap terjamin kebersihan dan keamanannya, kamu pun bisa menghemat pengeluaran dengan membawa makanan dari rumah.

Bersihkan Tangan Sebelum Makan

Kebersihan dan keamanan makanan akan tak berguna jika disantap dengan tangan yang kotor. Oleh sebab itu, selalu bersihkan tangan sebelum makan, baik itu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, hand sanitizer, atau menggunakan tissue basah.

Apalagi tangan yang bersih adalah senjata utama yang harus selalu kita lakukan agar bisa terhindar dari ancaman virus COVID-19 baik bagi mereka yang masih harus beraktivitas di luar rumah atau pun mereka yang berada di dalam rumah.

Semoga tips berbuka puasa di jalan di atas bisa berguna, dan bagi kamu yang masih tetap bekerja di tengah pandemi ini harus selalu bersamangat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.