Lebaran Pilih Jilbab Polycotton, Ini Tips Merawatnya Agar Awet

19/05/2020, 16:07 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Jilbab segi empat berbahan polycotton masih menjadi kegemaran para hijabers. Tekstur bahannya yang halus, lembut, serta tidak mudah kusut membuat jilbab dengan bahan ini menjadi idaman.

Bagi yang belum tahu, jilbab polycotton merupakan kombinasi antara bahan kain sintetis polyester dengan bahan serat alam katun. Sifat kainnya yang jatuh serta nyaman juga menjadi alasan kain polycotton cocok digunakan sebagai bahan jilbab. 

Kalau kamu menyukai jilbab bergaya Turki yang fokus pada ikatan di leher, jilbab polycotton merupakan pilihan yang sangat tepat.

Nah, kalau di Hari Raya Idulfitri tahun ini kamu memilih jilbab polycotton sebagai pelengkap outfit lebaran, berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan agar jilbabmu tetap awet.

Mencuci

Sebelum mencuci jilbab, pisahkan antara jilbab berwarna cerah dan gelap untuk mencegah lunturnya warna jilbab yang gelap. Selain itu, utamakan untuk mencuci jilbab secara manual atau jika menggunakan mesin cuci, usahakan untuk mencucinya dengan putaran sedang dan masukkan jilbab ke kantung cuci terlebih dahulu. Oh iya, saat mencuci hindar juga memeras jilbab terlalu keras karena akan merusak serat kain jilbabmu.

Menghilangkan Noda

Jika jilbabmu terkena noda, usahakan untuk segera mencucinya agar noda tersebut tidak mengendap dan sulit bersihkan. Untuk mengangkat noda pada jilbab polycotton, setelah merendam dengan deterjen, kamu cukup mencucinya dengan air hangat (bukan air panas, ya!).

Menjemur di Tempat Teduh

Untuk menghindari bau apek, jemurlah jilbab di luar ruangan tetapi di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung, ya! Kain berbahan sintetis seperti yang terdapat pada jilbab polycotton biasanya lebih sensitif terhadap panas sehingga bisa membuat warna akan pudar. Maka dari itu, jemurlah jilbab di tempat teduh dan biarkan jilbab kering karena angin.

Perhatikan Suhu Ketika Menyetrika

Karena sensitif terhadap panas, kamu juga perlu memperhatikan suhu ketika menyetrika jilbab. Usahakan menyetrika dengan temperatur rendah hingga sedang. Hal ini perlu diperhatikan karena setika yang terlalu panas dapat membuat jilbab menjadi kisut dan menimbulkan bekas pada jilbab.

Simpan Dengan Digantung

Karena jilbab polycotton memiliki bahan yang ringan dan sedikit licin, sebaiknya kamu menyimpan jilbab dengan cara menggantungnya. Hal ini membuat jilbabmu tidak mudah kusut dan tidak meninggalkan bekas lipatan ketika akan digunakan.

Jangan lupa terapkan tips tersebut agar koleksi jilbab polycotton milikmu tetap awet ya!