Ragam Manfaat Takjil Es Kacang Merah, Sangat Baik Untuk Sistem Imun

22/05/2020, 13:25 WIB
Bagikan:
Penulis Bardjan | Editor Dana Delani

Nikmatnya berbuka puasa dengan takjil yang dingin dan segarapalagi menyehatkan! Salah satunya adalah es kacang merah, yang dibuat dari bahan utama kacang merah yang lembut, dipadu dengan es serut, susu kental manis, dan sirup.

Es kacang merah umumnya dikenal sebagai kuliner khas Manado, tetapi ada yang menyebut minuman ini berasal dari Palembang. Bedanya, es kacang merah khas Palembang menggunakan sirup cocopandan, sedangkan es kacang merah Manado memakai susu cokelat manis.

Selain menyegarkan, es kacang merah ternyata baik untuk menjaga kesehatanmu selama bulan puasa.Hal ini karena kandungan nutrisi dalam kacang merah yang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. 

Segudang kebaikan kacang merah bagi tubuh

Melansir Healthline, kacang merah kaya akan serat yang membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Studi menyebutkan, 17 penderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan lonjakan kadar gula darah setelah makan, dibanding mereka yang mengonsumsi nasi.

Healthline juga mengutip studi National Institutes of Health mengenai manfaat kacang-kacangan bagi diet. Disebutkan 30 orang dewasa yang kegemukan mengalami penurunan berat badan 4x lebih besar dengan mengonsumsi kacang-kacangan, salah satunya kacang merah.

Selain itu, kacang merah adalah sumber protein yang tinggi dan bebas kolesterol, sehingga aman bagi tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan 15 gram protein dari satu mangkuk kacang merah (225 gram). Angka ini mencukupi 30 persen kebutuhan protein harian kamu, lho!

Kacang merah juga kaya mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam darah. Homosistein adalah salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner.

Yang tak kalah penting, kacang merah baik untuk daya tahan tubuh

Mengapa kacang merah baik untuk daya tahan tubuh? Salah satunya, kacang merah mengandung protein tinggi yang sangat krusial untuk membentuk sel, jaringan, hingga organ tubuh. Salah satunya juga untuk membentuk antibodi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

Lebih jauh, mengutip Physicians Committee for Responsible Medicine, kacang merah juga kaya akan seng atau zinc, mineral yang dapat meningkatkan kerja sel darah putih dalam menangkal penyakit. 

National Institutes of Health (NIH) memperingatkan, kekurangan zinc dalam tubuh bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh kamu. Zinc juga berperan dalam mengendalikan dan mengatur respon imun terhadap infeksi dan patogen, sebab dapat merangsang aktivitas setidaknya 100 enzim dalam tubuh, sehingga organ tubuh tetap bisa bekerja normal.

Semua manfaat kacang merah di atas sangat baik untuk menjaga kesehatanmu selama menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, konsumsi makanan olahan kacang merah, seperti es kacang merah, bisa jadi menu yang cocok buat buka puasa. Apalagi, es kacang merah rasanya enak, menyegarkan, dan mudah dibuat di rumah.