Yuk, Ngabuburit Bareng Si Kecil dengan Membuat Mainan dari Kardus!

20/05/2020, 15:32 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Ngabuburit menjadi waktu yang sangat tepat untuk bercengkerama bersama keluarga, terutama si Kecil. Apalagi, jika si anak sedang berlatih menjalankan ibadah puasa. Bunda bisa mengajaknya untuk melakukan hal-hal menyenangkan sembari menunggu waktu berbuka.

Cobalah untuk membuat mainan sederhana bersama si Kecil dengan memanfaatkan barang-barang di rumah yang mungkin sudah tidak terpakai seperti kardus. 

Selain bisa mengisi waktu bersama si Kecil, Bunda juga melatih si Kecil untuk mengeksplor kreativitas dan juga daya imajinasinya. Terlebih, saat pandemi seperti sekarang ini, sangat mungkin anak menjadi bosan dan psikologinya sedikit terganggu karena kurang beraktivitas di luar rumah bersama teman-temannya.

Nah, berikut ini ada beberapa ide mainan sederhana berbahan dasar kardus yang bisa Bunda buat bersama si Kecil dengan mudah saat ngabuburit.

Mainan Berbentuk Televisi

Membuat mainan berbentuk televisi dari kardus menjadi hal yang mudah. Jika Bunda memiliki kardus yang berukuran cukup besar, Bunda hanya perlu melubangi salah satu bagian kardus sebagai layar lalu tambahkan tombol-tombol dan antenna televisi buatan sebagai pelengkap.

Saat membuatnya, Bunda bisa memercayakan si Kecil untuk membuat lingkaran-lingkaran tombol TV dan arahkan ia untuk menempelkannya. Setelah selesai, Bunda bisa mendukung imajinasi si Kecil dengan berperan sebagai penonton, ya!

Berlayar dengan Perahu Kardus

Si Kecil rindu traveling? Bunda bisa mengobati kerinduannya dengan membuat mainan dari kardus berbentuk alat transportasi seperti kapal. Tidak perlu mengubah banyak dari bentuk asli kardus yang kotak, Bunda tinggal membentuk melancip seperti segitiga untuk bagian depan, serta sedikit memotong dibagian atas kanan dan kiri. Sebagai pelangkap, jangan lupa juga untuk pasangkan layar sederhana di bagian belakang.

Bunda juga bisa menambahkan ornamen seperti gambar jangkar serta kemudi kapal untuk mempercantik dan ajak si Kecil untuk membantu mewarnainya. 

Mini Teater

Cukup dengan menggunakan kotak sepatu yang tidak terpakai, Bunda bisa mengajak si Kecil bermain peran, lho! Bentuk kardus tersebut menjadi panggung teaternnya dengan melubangi salah satu sisi kardus mirip seperti membuat mainan berbentuk televisi.

Setelah itu, beri sedikit celah pada bagian atas kardus sebagai tempat untuk menggerakkan karakter-karakter peran. Karakter tersebut bisa bunda buat bersama si Kecil dan tempelkan karakter buatan tersebut pada sumpit untuk menggerakkannya.

Berkarya di Dalam Kardus

Jika si Kecil sedang aktif-aktifnya mencoret-coret, manfaatkan kardus di rumah Bunda sebagai tempatnya untuk menyalurkan keinginannya. Ini juga sebagai siasat agar si Kecil tidak mencoret di tembok.

Bunda bisa membentuk kardus menjadi sebuah rumah sederhana dengan membuat bentuk garis tengah sebagai celah untuk pintu di salah satu sisi kardus dan ajak si kecil untuk menghias mainan rumah-rumahan tersebut dengan coret-coretannya.

Ngabuburit bareng si Kecil tentu jadi menyenangkan, bukan?