Beragam Manfaat Kesehatan Kolang-Kaling

15/05/2020, 20:05 WIB
Bagikan:
Penulis Fellycia Novka Kuaranita | Editor Mahansa Eka Gerga Sinulingga

Pada saat Ramadhan, kolang-kaling lebih kerap kita jumpai dan konsumsi sebagai hidangan berbuka puasa. Tak hanya nikmat, kudapan yang satu ini juga punya beragam manfaat kesehatan.

Kolang-kaling adalah daging buah aren yang mulanya berbentuk lonjong, lantas dipipihkan agar lebih mudah kita konsumsi. Diolah menjadi manisan, kolak, atau campuran es buah, kolang-kaling sedap untuk disantap. Takaran konsumsinya kira-kira 100 gram per hari.

Kolang-kaling mengandung bermacam nutrisi yang diperlukan tubuh. Zat gizi yang terdapat pada kolang-kaling antara lain kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, dan vitamin D. Seperti kita tahu, nutrisi-nutrisi tersebut berkontribusi bagi kesehatan kita. Untuk merangkumnya, berikut ini, beberapa manfaat utama konsumsi kolang-kaling.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, yaitu mencapai 39 persen, kolang-kaling membantu menyehatkan pencernaan. Serat diperlukan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, antara lain dengan menormalkan gerakan usus. Makanan yang tinggi serat juga membuat dinding usus lebih mengembang sehingga makanan bisa melewatinya dengan mudah dan tidak berlama-lama tertahan di dalam usus. Pembuangan feses pun menjadi lebih lancar.

2. Sumber energi

Karbohidrat yang terkandung di dalam berperan penting dalam pembentukan energi. Saat dicerna, karbohidrat ini akan berubah menjadi glukosa, yang diolah menjadi sumber energi utama. Karena kandungan karbohidratnya, kolang-kaling juga membuat kita merasa kenyang lebih lama, yang bagus juga dikonsumsi Anda yang sedang merencanakan program penurunan berat badan.

3. Menguatkan tulang

Kolang-kaling juga tinggi kalsium. Dalam 100 gram kolang-kaling, terdapat kira-kira 91 miligram kalsium, beda sedikit saja dengan susu sapi murni yang punya 125 miligram kalsium dalam 100 gramnya. Kita tahu, kalsium adalah mineral penting yang menyokong pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium berperan dalam mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

4. Meringankan radang sendi

Dari banyak pengalaman yang dibagikan orang-orang, baik lisan maupun dituliskan dan diunggah di internet, kolang-kaling lumayan ampuh dalam meringankan radang sendi. Berdasarkan penelitian, kandungan senyawa galaktomanan di dalam kolang-kaling diduga mampu memberikan efek analgesik (antinyeri), anti-peradangan, dan mengurangi kaku atau spasme pada sendi. Di samping itu, kandungan kalsium kolang-kaling juga baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

5. Membantu meremajakan kulit dan otot

Di dalam kolang-kaling, terkandung pula gelatin, yang membuat teksturnya kenyal dan liat. Ketika dicerna tubuh, gelatin menjadi senyawa penting yang dipakai tubuh untuk diubah menjadi kolagen, yang fungsinya antara lain menjaga keremajaan kulit, otot, tulang, kuku, dan rambut. Nah, semoga kini kita jadi lebih bersemangat menyantap kolang-kaling!