Ini Cara Aman Bersihkan Ruang Mesin Mobil Selama WFH

18/05/2020, 23:15 WIB
Bagikan:
Penulis Aditya Mulyawan | Editor Sheila Respati

Situasi pandemi virus corona membuat banyak perusahaan menerapkan work from home (WFH) bagi para karyawannya. Terlebih kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sebagian besar orang harus beraktivitas dan menghabiskan waktu di rumah.

Kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk merawat kendaraan kesayangan di rumah, salah satunya adalah membersihkan ruang mesin mobil. Tak hanya bodi atau interior saja yang perlu dibersihkan, ruang mesin pun perlu dijaga kebersihannya agar performanya tetap terjaga.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan ruang mesin mobil. Pasalnya, jika salah langkah dapat terjadi korsleting atau rusaknya komponen kelistrikan pada mobil. Oleh karena itu, berikut adalah langkah aman untuk bersihkan ruang mesin mobil.

Hangatkan Mesin Mobil

Upayakan mesin mobil dalam keadaan hangat, tidak terlalu dingin dan panas. Jika mesin dalam keadaan dingin, nyalakan mobil selama kurang lebih satu menit. Kondisi mesin yang hangat akan memudahkan Anda untuk mengangkat dan membersihkan kerak yang menempel.

Tutup Bagian Pengapian dan Kelistrikan

Pastikan untuk mencabut kunci mobil sebelum mulai membersihkan ruang mesin mobil. Jika perlu, cabut koneksi aki untuk memastikan tidak ada aliran listrik agar aman selama proses pembersihan.

Kemudian, tutup rapat komponen-komponen pengapian dan elektrikal seperti alternator, dinamo stater, lubang isap udara, soket kelistrikan, sensor, koil, dan lain sebagainya menggunakan plastik atau alumunium foil.

Langkah tersebut penting untuk mencegah debu dan cairan masuk dan mengganggu kinerja elektrikal mobil. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah jangan sampai air masuk ke lubang isap karena dapat mengakibatkan water hammer.

Bersihkan Bawah Kap dan Dinding Mesin

Bersihkan mulai dari bawah kap mesin dan dinding mesin menggunakan semprotan air. Gosok bawah kap mesin dengan sikat berbulu kasar dan sabun colek atau krim untuk melarutkan kotoran bercampur lemak dan oli.

Setelah selesai, segera bilas dengan air bersih dan jangan sampai sisa sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan lap kain untuk menghindari tetesan air ke mesin.

Mulai Bersihkan Ruang Mesin

Langkah selanjutnya adalah mulai membersihkan ruang mesin dengan menyemprotkan air terlebih dahulu. Pastikan semprotan yang digunakan bertekanan rendah, misal dengan selang air biasa atau botol spray yang telah tidak terpakai.

Bersihkan bagian permukaan dan celah-celah mesin dengan engine degreaser yang banyak tersedia di toko perlengkapan mobil. Gunakan sikat kecil halus atau kuas untuk membersihkan bagian tersebut.

Terakhir, bilas dengan semprotan air bertekanan rendah dan keringkan dengan lap kain lembut atau kanebo. Pastikan selalu komponen kelistrikan tidak tersentuh air.