Sering Belanja Selama WFH? Cek Email Anda Lewat 3 Situs Ini!

20/05/2020, 12:14 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Alia Deviani

Selama beraktivitas di rumah saja, sudah berapa kali Anda berbelanja secara online? Mungkin sudah tidak ingat lagi karena saking seringnya. 

Wajar saja, hanya dengan beberapa kali klik, pesanan Anda bisa langsung diantar ke rumah. Namun, tanpa Anda sadari, di balik kemudahan dalam mengakses berbagai informasi, ternyata ada dampak negatif yang sangat merugikan.

Salah satunya adalah peretasan data pribadi. Hampir setiap hari, ada saja situs yang dibobol dan dicuri database-nya. Baru-baru ini, beredar kabar bahwa data akun pengguna salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia diduga diretas dan diperjualbelikan di sebuah forum gelap. 

Sebelumnya, kabar ini beredar di media sosial, setelah akun Twitter @underthebreach menyebutkan bahwa seorang peretas telah mengambil 15 juta data akun pengguna situs e-commerce di forum komunitas hacker.

Database yang berisi data pengguna seperti username, password, email, nama, alamat, dan bahkan nomor kartu kredit menjadi target utama serangan ini.

Tentunya hal tersebut menjadikan kita harus lebih waspada dan hati–hati saat hendak beraktivitas di dunia maya. Nah, untuk itu ada tiga situs bisa kamu kunjungi untuk melihat apakah email Anda pernah diretas atau tidak.

1 . Avast Hack Check

Salah satu situs yang dapat Anda akses untuk memeriksa status keamanan email Anda adalah Avast Hack Check. 

Cukup kunjungi Avast Hack Check, kemudian masukkan alamat email di kolom pemeriksanaan. Selanjutnya, Avast akan secara otomatis melakukan pengecekan dan mengirimkan hasilnya ke alamat email yang Anda cantumkan. 

Anda akan menerima informasi yang cukup detail, termasuk saat terhubung dengan situs mana. Password yang bocor dalam bentuk terenkripsi juga dapat dideteksi bila memiliki potensi kebocoran. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengubah seluruh password yang menggunakan alamat email tersebut. 

2. Firefox Monitor

Selain Avast, kamu juga bisa mengunjungi situs monitor.firefox.com. Cara pengecekannya kurang lebih sama. Anda hanya perlu memasukkan email dan klik tombol periksa pelanggaran data.

Jika ditemukan pelanggaran, sebaiknya Anda langsung mengganti password akun yang pernah diretas. 

3. Have I Been Pwned

Anda juga bisa menggunjungi situs haveibeenpwned.com. Setelah memasukkan email, Anda bisa langsung memperoleh hasil untuk satu alamat email tertentu, terutama jika Anda berniat melakukan banyak pencarian ulang.

Bisa dibilang, HaveIBeenPwned merupakan salah satu situs pengecekan yang paling up to date dengan database terbaru, sehingga sangat direkomendasikan sebagai pilihan utama.