Wajib Tahu, Ini 5 Keuntungan Tidak Mudik di Tengah Pandemi

18/05/2020, 17:49 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah salah satu tradisi umat Islam di Indonesia untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan menikmati momen hari kemenangan bersama.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemerintah Indonesia telah melarang masyarakat untuk mudik guna menekan persebaran virus corona semakin masif. Sebagai warga negara yang taat, tentu sebaiknya kita menahan terlebih dahulu keinginan untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Adapun lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika tidak mudik di tengah krisis Covid-19.

  1. Kemungkinan tertular mengecil

Seperti diketahui, virus corona bisa menyebar melalui droplets atau cairan air liur yang keluar dari mulut orang terinfeksi. Bila air liur tersebut mendarat di hidung, mulut, atau bahkan mata, kemungkinan terjangkit virus corona akan semakin besar. Nah, jika kamu tidak mudik, tentu akan menghindari keramaian seperti di terminal bus, stasiun kereta api, atau bahkan rest area. Dengan demikian, kemungkinan tertular virus corona juga akan mengecil.

  1. Bisa silaturahmi virtual

Teknologi pada zaman sekarang terbilang canggih. Berbeda dengan dahulu yang masih mengandalkan surat untuk berkirim pesan. Sekarang, cukup dengan ponsel pintar, kita bisa melakukan phone call  dan video call dengan mudah dan bisa langsung berkomunikasi tatap muka dengan sanak saudara yang berada di daerah lain.

  1. Hemat biaya

Untuk melakukan perjalanan mudik, tentu kita mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli tiket transportasi. Meski sedih tidak bisa pulang kampung, di tengah pandemi ini kita bisa menghemat pengeluaran lebih besar. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk ditabung atau bahkan diinvestasikan. Dengan begitu, manfaat dari uang yang kamu simpan ini bisa dirasakan di kemudian hari.

  1. Bereksperimen di dapur

Bagi sebagian perantau, mudik ke kampung halaman pada saat Lebaran adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Ini adalah waktu terbaik untuk kembali mencicipi hidangan khas langsung di tempatnya. Namun, karena peraturan larangan mudik, kamu bisa lebih produktif di rumah. Misalnya, berkesperimen di dapur dan mencoba memasak hidangan khas kampung halaman sendiri.

  1. Menikmati “me time” berkualitas

Meskipun tak bisa mudik pada Lebaran tahun ini, jangan galau terus-menerus. Justru ini adalah momen yang tepat untuk kamu merasakan “me time” berkualitas. Adapun aktivitas yang bisa kamu lakukan sendiri, bermeditasi, bermain game sepuasnya, movie marathon, atau bahkan sekadar merefleksikan diri.

Dari kelima keuntungan di atas, tentu tidak melakukan mudik bukan sesuatu yang buruk, bukan?