Anti Sepi, Ini 5 Inspirasi Silaturahmi Lebaran Virtual dengan Sanak Saudara

19/05/2020, 15:56 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

video

Lebaran akan tiba kurang dari seminggu. Sebagian masyarakat pun nampaknya sudah mulai bersiap untuk menyambut hari kemenangan. Segala persiapan dilakukan, mulai dari mendekorasi ulang rumah, membeli berbagai makanan dan pakaian, hingga menyiapkan berbagai perangkat untuk melakukan silaturahmi secara virtual.

Ya, karena Lebaran kali ini berbarengan dengan adanya persebaran virus corona, masyarakat pun tidak bisa melakukan mudik ke kampung halaman.

Alhasil, silaturahmi secara virtual menjadi opsi untuk mengobati rindu dengan sanak saudara nan jauh di sana. Nah agar silaturahmi berjalan menyenangkan, ikuti 5 tips inspirasi silaturahmi virtual berikut ini.

  1. Video call dengan keluarga besar

Lebaran adalah waktu yang tepat untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga besar. Biasanya, keluarga besar akan datang ke rumah orang tua untuk berkumpul bersama. Namun, karena pandemi virus corona, momen kumpul keluarga akan sulit terealisasi.

Nah, untuk mengatasi keterbatasan tersebut, kamu bisa menggantinya dengan melakukan video call bersama-sama. Adapun banyak aplikasi video call yang bisa dimanfaatkan, seperti WhatsApp, Line, Zoom, Skype, dan Google Hangouts.

  1. Makan virtual bersama

Lebaran juga identik dengan makan makanan khas kampung halaman. Supaya hari kemenangan makin berwarna, kamu bisa mengajak serta keluarga besar untuk makan bersama secara virtual. Selain dapat mengobati rasa rindu, kamu juga memanfaatkan momen ini untuk saling bermaafan.

  1. Nonton film bersama

Melansir Kompas.com, Rabu (6/5/2020), menonton film favorit bisa pula jadi alternatif sebagai ajang silaturahmi virtual biar tidak monoton. Sekarang ini, kamu bisa mengeset acara menonton film bersama, meski kamu dan teman atau keluarga tidak sedang dalam satu lokasi. Kamu bisa menggunakan ekstensi Netflix Party di browser Google Chrome atau menggunakan aplikasi Discord. Lewat dua cara ini, kamu bisa menonton film bersama selayaknya menonton di bioskop.

  1. Karaoke bersama

Selain menonton film, karaoke bersama secara virtual juga patut dicoba. Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke, seperti Smule. Perlu diketahui, Smule hanya menyediakan fitur untuk berduet saja. Bila ingin berkaraoke lebih dari dua orang, Anda bisa menggunakan platform Watch2Gether. Sejatinya, platform ini biasa digunakan untuk menonton video bersama-sama. Namun, tetap bisa dimanfaatkan untuk berkaraoke bersama.

  1. Main game online

Kegiatan ini mungkin akan digemari oleh anak-anak dan remaja. Namun, tak ada salahnya untuk mengajak serta orangtua dan kakek atau nenek bermain game online bersama. Pilih game yang bisa dimainkan untuk semua umur, misalnya tebak gambar di laman gartic.io.