Ini Tips Agar Berat Badan Tetap Terjaga Ketika Berpuasa dan WFH

19/05/2020, 16:42 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Mikhael Gewati

 

Ramadhan kali ini terasa berbeda karena berada di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Oleh karenanya, menjalankan ibadah puasa sekaligus WFH bukan hal yang mudah. Dengan lebih banyak di rumah, berat badan dipercaya gampang bertambah karena keterbatasan bergerak.

Untuk itu, kita harus menjaga berat badan agar tidak mengalami obesitas. Pasalnya obesitas dapat menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit.

Seperti dilansir dari Web MD, obesitas dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke pada penderita penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Nah, agar kita terhindar dari penyakit tersebut, tim terhubungdarirumah.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukanuntuk menjaga berat badan kita tetap ideal selama puasa dan WFH. Apa saja? Yuk, simak.

1. Olahraga

Meski dilakukan di rumah, olahraga dapat membantu kita dalam menjaga berat badan, selain itu, olahraga juga bisa menjaga lingkar pinggang tetap langsing.

Kita bisa melakukan olahraga rumah, seperti lompat tali, yoga dan aerobik dari rumah dengan rutin setelah sahur atau sebelum berbuka puasa untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Makan makanan yang mengenyangkan

Menu makanan dan minuman ringan seperti keripik, snack, cookies, kopi dan soda kerap menjadi pendamping usai berbuka saat WFH dan lembur.

Oleh karena itu, agar kita tidak mudah merasa lapar, maka pilihlah makanan yang mengenyangkan seperti nasi, ketela, jagung atau makanan yang mengandung karbohodrat ketika sahur dan berbuka puasa

Disamping itu, jika ingin mengonsumsi camilan pilihlah buah-buahan kering, buah-buahan segar, maupun salad yang membuat berat badan tak bertambah.

3. Hindari makanan yang terlalu manis

Kita cenderung menyiapkan hidangan yang manis dan jenis camilan, seperti kue, es buah sampai dengan boba yang mengandung kalori tinggi tertutama saat berbuka.

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak berdampak baik untuk kesehatan karena selain memicu berat badan menjadi cepat naik, ancaman diabetes pun mungkin saja akan datang.

Oleh karenanya, jika anda menyukai makanan manis, ada baiknya dengan makanan manis yang alami, seperti kurma.

Hal ini dikarenakan selain karena sunnah, kurma juga jauh lebih menyehatkan tubuh.

4. Menjaga porsi makanan saat sahur dan berbuka

Setelah puasa seharian, kita biasanya cukup sulit untuk mengelola porsi makan, bahkan banyak di antara orang yang berpuasa tidak memperhatikan nutrisi makanan yang akan dikonsumsinya.

Sementara itu, kunci manajemen untuk menjaga berat badan yang berkelanjutan adalah mengatur pola makan dengan menghindari porsi yang berlebihan.

Dengan demikian, cara terbaik untuk mengatur porsi makan adalah dengan menyiapkan porsi kecil. Lewat cara ini, kita dapat menikmati setiap kelezatan makanan meski hanya dalam jumlah sedang.

5. Membuat catatan makan 

Kita dapat mencatatnya terlebih dahulu kandungan kalori dan gizi dari asupan makanan yang akan disantap. Dengan catatan kita tahu makanan apa yang sehat dan tidak sehat yang sudah masuk perut.

Dengan begitu, kita bisa lebih mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan.

Nah selamat mencoba!