Enggak Cuma Vitamin C, Kandungan Vitamin E Juga Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

27/05/2020, 09:00 WIB
Bagikan:
Penulis Dea Duta Aulia | Editor Dana Delani

Di saat situasi pandemi saat ini, masker dan hand sanitizer nampaknya menjadi benda yang paling dicari banyak orang. Bukan hanya itu, minat masyarakat dalam mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung vitamin C juga mengalami peningkatan.  

Masyarakat percaya, mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari COVID-19.

Meskipun begitu, ternyata bukan hanya vitamin C saja yang menjadi asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh. 

Seorang peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat Simin Nikbin membuktikan bahwa vitamin C dan E sangat bermanfaat bagi fungsi paru.

Kedua vitamin tersebut memiliki peran penting bagi tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Selain bermanfaat untuk melawan bakteri dan virus, vitamin E juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dengan cara menetralkan molekul radikal bebas.

Untuk mendapatkan vitamin E pun tergolong mudah. Dikutip dari Medical News Today, ada beragam buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan vitamin E serta mudah didapatkan oleh setiap orang.

Nah, berikut daftar buah dan sayur yang mudah didapatkan dan kaya akan kandungan vitamin E.

Daun bayam

Jenis sayuran ini tergolong cukup mudah didapatkan baik itu di kota mapun di desa. Selain mudah didapatkan, daun bayam juga terhitung sayuran yang kaya akan kandungan vitamin E. 100 gram bayam mentah memiliki kandungan vitamin E sebesar 2,03mg.

Tidak hanya itu, sayuran ini pun terbilang cukup mudah untuk diolah menjadi makanan yang lezat. Masyarakat dapat mengolah daun bayam menjadi aneka jenis makanan, seperti tumis bayam tomat, sup bayam jagung, keriping bayam, nugget bayam, bayam sosis, sandwich bayam keju, dan menu makanan lainnya.

Alpukat

Selain miliki kadar gula yang cukup rendah, ternyata alpukat juga tergolong buah yang kaya akan kandungan vitamin E. Medical News Today menyebutkan, dalam 100 gram alpukat terdapat 2,07 mg vitamin E. Bahkan jika dibandingkan dengan pisang, alpukat memiliki kandungan potassium yang lebih banyak.

Mengolah alpukat pun tidak hanya sebatas jus saja. Alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk membuat varian makanan lain, seperti puding alpukat, nugget alpukat, alpukat isi salat tuna, avocado and egg in a hole, dan lainnya.

Kacang tanah

Jenis kacang ini pastinya sangat mudah ditemukan dan disukai oleh setiap orang. Karena itu, sering sekali kacang tanah dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga ataupun teman.

Di balik hal tersebut, ternyata kacang tanah memiliki peran penting dalam melawan virus dan bakteri yang ada di tubuh. Sebab, dalam 100 gram kacang tanah terdapat kandungan vitamin sebesar 4,93 mg.

Bahkan berdasarkan penelitian American Academy of Dermatology, para peneliti percaya bahwa dengan mengonsumsi kacang dapat mengurangi jerawat. Itu karena camilan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti radang.

Meskipun memberikan manfaat untuk melawan virus dan bakteri, ternyata mengonsumsi vitamin E berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

Dilansir dari Kompas.id, kelebihan vitamin E dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti pendarahan pada otak, lemah, letih, sakit kepala, mual, dan diare.

Untuk batas amannya, orang dewasa dianjurkan dapat mengonsumsi vitamin E dengan jumlah 15 mg per hari.