Aneka Kerupuk Nusantara untuk Temani Hidangan Lebaran

23/05/2020, 08:00 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Di meja makan, kamu pasti sering mendengar ungkapan ini: ah, rasanya kurang tanpa kerupuk. Salah satu makanan khas Indonesia ini sangat digemari oleh semua kalangan. Pevita Pearce, misalnya, meski aktris cantik Indonesia ini berdarah blasteran, tidak menghilangkan kesukaannya akan kerupuk.

Menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman, tertulis di prasasti Batu Purabahwa kerupuk sudah ada di Pulau Jawa sejak abad ke-9 atau 10. Di situ tertulis kerupuk rambak (kerupuk dari kulit sapi atau kerbau) yang sampai sekarang masih ada dan biasanya jadi salah satu bahan kuliner krecek. Kerupuk memang melegenda!

Nah, untuk melengkapi sajian Hari Raya Idufitri, rasanya kerupuk tidak boleh ketinggalan di sajian lebaran nanti. Berikut ini ada beragam aneka kerupuk Nusantara yang bisa kamu sajikan dan santap bersama keluarga saat lebaran.

Rengginang

Siapa yang tidak kenal dengan rengginang. Kerupuk ini terbuat dari nasi atau beras ketan, yang dikeringkan dengan di jemur di bawah sinar matahari, kemudian digoreng dengan minyak.

Biasanya, di saat lebaran, rengginang menjadi camilan yang sangat laris terlebih karena rasanya gurih dan teksturnya renyah. Biasanya, rengginang juga enak apabila dimakan langsung.

Kerupuk Kulit

Kalau di Pulau Jawa ada kerupuk kulit atau kerupuk rambak, Pulau Sumatera juga punya. Kerupuk Jangek khas Minangkabau, namanya. Sedikit yang membedakannya kalau kerupuk rambak di Pulau Jawa terbuat dari kulit sapi, sedangkan di Padang terbuat dari kulit kerbau.

Nah, kerupuk ini juga cocok dijadikan pelengkap makanan setiap saat, terlebih jika disiram dengan kuah gulai yang menjadi sajianmu saat Hari Raya Idulfitri.

Kerupuk Pasir

Jenis kerupuk yang satu ini ada yang berasal dari Cirebon dan juga Jawa Timur. Keduanya memiliki warna yang sama-sama mencolok dan tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan dengan pasir yang sudah dibersihkan.

Masyarakat Kediri, Jawa Timur biasanya menyebut kerupuk ini dengan nama Kerupuk Pasir atau Kerupuk Upil sedangkan di Cirebon, Jawa barat kerupuk ini disebut Kerupuk Melarat.

Selain dimakan langsung, kerupuk pasir ini juga cocok disantap bersama hidangan lebaran kamu.

Kerupuk Emping

Siapa yang tidak tahu Kerupuk Emping? Biasanya, kerupuk yang satu ini menjadi pelengkap hidangan. Meskipun rasanya sedikit pahit, namun kerenyahannya membuat emping cocok jika dimakan bersama gado-gado, soto betawi, ketoprak, nasi goreng, atau bisa juga dimakan langsung.

Kerupuk khas Indonesia yang terbuat dari biji melinjo ini juga kerap diincar para turis, lho!

Di Hari Raya Idulfitri nanti, jangan lupa untuk lengkapi sajian hidangan lebaran kamu dengan kerupuk khas Nusantara, ya! ‘Kriuk-kriuk’-nya dijamin bikin momen bersama keluarga jadi lebih mantap.