Nikmati Lebaran #DiRumahAja dengan 3 Hidangan Ini

20/05/2020, 15:31 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

Tak sampai seminggu lagi kita akan segera memasuki hari raya Lebaran, di mana para umat Islam akan merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.Tak hanya sebagai momen merayakan kemenangan, Lebaran juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antarkeluarga dan kerabat terdekat.

Agar momen Idul Fitri dapat berjalan menyenangkan, tentunya perlu beberapa persiapan, terutama terkait menyiapkan hidangan Lebaran.

Nah, hidangan apa saja yang bisa kamu siapkan menyambut hari kemenangan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Ketupat dan opor ayam

Lebaran akan terasa kurang tanpa kehadiran ketupat dan opor ayam. Ya, menurut sejarah kedua hidangan ini telah menjadi hidangan khas Lebaran sejak zaman Sunan Kalijaga di abad ke-15.

Lalu mengapa ketupat? Secara arti harfiah, ketupat berarti “ngaku lepat” yang memiliki makna mengakui kesalahan. Tentu hal ini relevan dengan makna hari kemenangan yang digunakan sebagai momen untuk saling bermaafan. Kemudian, opor ayam dinilai tepat untuk menemani hidangan ketupat.

  1. Semur daging

Semur daging juga identik dengan Idul Fitri. Nah, untuk mendapatkan rasa semur daging yang sempurna, pastikan untuk memotong daging dengan melawan urat. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan daging yang empuk.

Selain itu, sebaiknya gunakan api kecil untuk memasak daging agar kematangannya merata, empuk dan tidak mudah hancur saat dimasak.

  1. Rendang

Tak ada hari istimewa tanpa kehadiran rendang. Hidangan ini memang selalu menjadi pilihan banyak orang untuk dihidangkan saat Lebaran. Adapun ragam hidangan rendang yang bisa kamu buat, seperti rendang sapi, rendang ayam, rendang jengkol, dan rendang paru sapi.

Dari ketiga hidangan di atas, mana yang menjadi favorit kamu?