Supaya Tugas Sekolah dalam Bahasa Inggris Lebih Mudah, Gunakan Aplikasi Ini

29/05/2020, 17:22 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Sheila Respati

Bagi para pelajar, tugas-tugas sekolah sudah tentu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain untuk mendapatkan nilai yang bagus, tugas sekolah atau kuliah juga menjadi tolak ukur apakah kita sudah cukup memahami suatu materi atau belum.

Biasanya, terdapat mata pelajaran yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Salah satunya seperti bahasa inggris. Selain bukan bahasa ibu, bahasa inggris juga memiliki tenses yang berbeda-beda untuk setiap kondisi kalimat.

Inilah yang akhirnya sering dianggap sulit. Karena kesalahan tenses atau grammar akan membuat kalimat menjadi rancu. Beruntungnya, saat ini banyak aplikasi maupun situs yang membantu mengecek grammarmu, lho.

Apa sajakah situs dan aplikasi tersebut? Yuk simak!

1. Grammarly

Grammarly merupakan sebuah aplikasi berbasis web dan aplikasi yang mampu mengecek grammar dan konteks tulisan dalam bahasa inggris. Melalui websitenya, kita bisa langsung memasukan teks yang ingin diperiksa.

Grammarly memberikan tampilan antarmuka penulisan yang mirip dengan microsoft word. Sehingga terasa lebih familiar saat digunakan. Pengecekan kesalahan pun langsung diketahui saat itu juga.

Grammarly akan memberikan garis bawah berwarna merah untuk menandai jika kalimat tersebut terdapat typo maupun grammar.

Meski memiliki fitur pengecekan terbatas dengan versi berbayar, namun grammarly dapat dijadikan aplikasi andalan untuk membantu menyelesaikan tugas dalam bahasa inggris.

Aplikasi grammarly juga dapat diunduh langsung melalui playstore maupun app store. Tak hanya itu, Grammarly juga memiliki aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Komplit deh!

Tertarik untuk mencoba? Kunjungi website resmi Grammarly disini.

2. ProWritingAid

Sama seperti Grammarly, ProWritingAid juga cocok digunakan untuk memeriksa hasil tulisan dalam bahasa inggris.

Jika Grammarly memiliki website untuk menerjemahkan gratis, ProWritingAid justru berupa aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu. 

Meski begitu, fitur yang diberikan tak kalah lengkap dengan yang diberikan oleh Grammarly. Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan Google Documents dan platform penulisan lainnya. ProWritingAid juga memberikan penjelasan lengkap jika bahasa atau kalimat yang digunakan salah atau tidak tepat.

Untuk mengunduhnya, kunjungi langsung website ProWritingAid disini.

3. Ginger

Ginger grammar checker merupakan aplikasi berbasis web dan software yang dibuat oleh perusahaan yang berlokasi di Israel. Keduanya memiliki kemampuan untuk menerjemahkan kalimat maupun tulisan dengan bantuan sekali ketik. Ginger juga mampu memperbaiki beragam kesalahan grammar yang sering terjadi. Untuk mencoba aplikasi ini secara gratis, kunjungi lewat website resmi Ginger.

4. Slick Write

Jika ketiga aplikasi diatas memiliki fitur lengkap namun berbayar untuk menikmati semua layanannya. Hal ini tidak berlaku bagi slick write. Pasalnya, slick write merupakan aplikasi yang 100 persen gratis tanpa adanya fitur premium.

Slick write juga memiliki fitur yang mirip dengan grammarly. Salah satunya yaitu koreksi grammar instan, alternatif pilihan kata yang unik dan disesuaikan dengan konteks kalimat, hingga keamanan dokumen dengan fitur enkripsi.

Meski memiliki keterbatasan berupa ukuran tulisan yang kecil dan antarmuka yang sedikit rumit, namun slick write wajib dicoba bagi kamu yang ingin memanfaatkan layanan gratis dengan fitur lengkap. Berikut merupakan link resmi dari Slick Write.