4 Jenis Pinjaman yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Pandemi COVID-19

27/05/2020, 19:00 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor kehidupan. Tak hanya menimbulkan korban jiwa, keadaan ini juga memberikan dampak yang sangat signifikan terutama dalam sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sebagian besar usaha terpaksa harus tutup. Mereka yang masih bisa berjalan pun harus menanggung kerugian yang tak sedikit, yang membuat pemasukan semakin berkurang, bahkan tak ada sama sekali.

Kurangnya pemasukan ini tentu tak sejalan dengan kewajiban yang harus dilakukan, seperti membayar gaji karyawan, biaya sewa dan listrik bulanan, sampai mempengaruhi pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Tenang, selalu ada jalan keluar. Apabila kamu tengah mengalami masalah finansial, solusi yang bisa dilakukan saat ini adalah melakukan pinjaman yang bisa didapatkan dari:

Pinjaman Karyawan

Jika kamu berstatus sebagai karyawan tetap di suatu perusahaan, sebagai solusi, kamu bisa mengajukan pinjaman karyawan di tempatmu bekerja. Biasanya, proses pengajuan pinjaman karyawan tergolong mudah dan memiliki bunga yang kecil.

Kredit Multiguna

Jika kamu memiliki aset berupa surat berharga, rumah atau mobil, kamu bisa memanfaatkannya sebagai syarat untuk pengajuan Kredit Multiguna (KMG). Pinjaman ini menjadi solusi yang bisa kamu ambil jika kamu membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah yang cukup besar.

Kredit Tanpa Agunan

Jika dana yang kamu butuhkan tidak telalu besar, kamu bisa mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan. Berbeda dengan Kredit Multiguna, melalui Kredit Tanpa Agunan kamu bisa mengajukan dana pinjaman tanpa membutuhkan jaminan.

Pinjaman Online

Ini menjadi solusi paling mudah yang bisa kamu pilih jika membutuhkan dana pinjaman. Saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman online yang bisa kamu pilih, misalnya saja Kredivo, AkuLaku, atau UangTeman.com.

Syaratnya pun mudah karena biasanya hanya memerlukan KTP saja. Tapi, pastikan pinjaman online pilihanmu terjamin aman dan terpercaya serta terdaftar di OJK, ya!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan dana pinjaman, terlebih dahulu usahakan untuk memanajemen keuanganmu sebaik mungkin, ya!

Hal tersebut untuk mempermudahmu sehingga tidak pusing ketika proses pembayaran dana pinjaman nantinya.

Semoga tips peminjaman dana di atas bermanfaat, dan kamu tetap bertahan di masa pandemi ini yah!