Dekorasi Rumah Saat Lebaran, Pilih Minimalis atau Meriah?

22/05/2020, 13:15 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut Hari Raya Lebaran, salah satunya dengan mendekorasi rumah agar tampak fresh. Adapun banyak opsi gaya dekorasi yang bisa kamu pilih, baik itu bertemakan minimalis atau meriah.

Hal yang terpenting adalah menentukan konsep secara keseluruhan. Jangan sampai, konsep yang kamu buat setengah-setengah. Justru pemandangan ruangan di dalam rumah akan tampak ala kadarnya bila tak memiliki konsep secara matang.

Dekorasi rumah minimalis

Biasanya, rumah minimalis identik dengan ruangan yang terbatas dan tidak terlalu besar. Oleh karena itu, pemilihan furnitur sangat bermain peran di sini.

Sebaiknya, pilih furnitur yang bisa digunakan secara multifungsi. Satu benda biasanya bisa memiliki banyak kegunaan, seperti sofa yang bisa dijadikan tempat penyimpanan buku atau tangga yang dimanfaatkan sebagai rak televisi.

Penggunaan furnitur multifungsi tidak hanya menghemat ruang, melainkan juga dapat memberikan kesan lebih luas dan rapi. Selain itu, pencahayaan yang seimbang juga perlu diterapkan. Ini dimaksudkan gar ruangan terasa lebih luas.

Sebaiknya, hindari penggunaan lampu gantung berukuran besar. Lampu tanam yang diletakkan di berbagai sudut langit-langit ruangan bisa dijadikan alternatif agar pencahayaan tersebar merata. Gunakan pula warna terang sebagai aksen ruangan untuk membuat kesan lebih luas.

Terakhir, pasang ornamen-ornamen pendukung khas Lebaran, seperti lampion, lukisan ka’bah, tulisan kaligrafi, atau pajangan asmaul husna.

Dekorasi rumah meriah

Berbeda halnya dengan dekorasi minimalis, dekorasi meriah akan menonjolkan lebih banyak furnitur pada setiap ruangan. Tidak hanya asal pasang saja, furnitur tentu punya fungsinya masing-masing.

Kamu juga bisa menentukan warna cat yang menonjolkan kemeriahan, misalnya kuning gading, hijau lumut, atau bahkan biru laut. Sesuaikan warna cat ini dengan warna furnitur yang kamu miliki, ya, agar tidak bertabrakan terlalu jauh.

Untuk menambah kemeriahan, kamu bisa membuat keterampilan do it yourself (DIY) dengan mengandalkan barang-barang recycle, seperti membuat lampion dari botol air minum, membuat bunga dari kertas kado, atau membuat ornamen ketupat dari karton yang tak terpakai.

Jadi, kamu pilih dekorasi minimalis atau meriah?