Agar Tak Bosan, Ini Ide Aktivitas Anak saat Lebaran #DiRumahAja

22/05/2020, 13:16 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

Suasana Lebaran pada tahun ini mungkin akan sedikit berbeda dengan suasana Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan pandemi virus corona adalah penyebabnya.

Efek domino kehadiran Covid-19 pun terus berlanjut dengan adanya peraturan pemerintah untuk tidak boleh mudik ke kampung halaman. Biasanya, anak-anak tidak akan terlalu mengerti tentang keadaan ini.

Mereka pun cenderung akan merengek ke orangtua untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman atau sekadar menuju ke tempat wisata. Nah, kamu sebagai orangtua harus bijak mengedukasi si kecil agar mereka memahami situasi saat ini.

Selain itu, penting pula untuk melakukan aktivitas menarik saat #dirumahaja bersama si kecil. Hal ini untuk membuat mereka tidak bosan dan tetap merasakan kemeriahan hari kemenangan.

  1. Berbagi rezeki

Melansir Kompas.com, Kamis (6/6/2019), ada baiknya untuk merikan contoh nyata kepada anak mengenai arti dari berbagi rezeki. Misalnya, dengan memberikan bantuan makanan, pakaian, dan bingkisan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Selain berbagi kebahagiaan, anak akan belajar bersyukur akan semua hal yang mereka miliki dan memahami sudah menjadi tugas mereka untuk beramal kepada orang kurang beruntung.

  1. Membuat kue lebaran bersama

Ajak si kecil untuk membuat makanan bersama untuk menyambut Lebaran. Selain sebagai ajang pembelajaran untuk dia, aktivitas ini juga bisa membuat si kecil bersemangat menyambut hari suci.

Misalnya dalam membuat kue nastar, ajak anak untuk menyebutkan semua bahan yang diperlukan dan masukkan satu-persatu. Bisa juga mengaja ia untuk mengaduk adonan dan menaruhnya ke dalam oven.

  1. Bercerita

Ajaklah anak duduk bersama, lalu bacakan sejumlah cerita menarik bertemakan Idul Fitri. Sumber cerita bisa dari buku, internet, atau referensi lain. Sebelumnya, pilih cerita sesuai dengan umur anak sehingga akan mudah dimengerti. 

Sebagai tambahan, orangtua dapat menceritakan berbagai kebiasaan menarik yang dilakukan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia dalam merayakan Lebaran. Hal ini dapat membuat mereka makin mengenal budaya Tanah Air sekaligus membangkitkan rasa nasionalisme.

  1. Area bermain

Sediakan sebagian area di rumah khusus untuk anak bisa bermain dan mengeksplorasi berbagai mainan baru yang didapat sebagai hadiah Lebaran dari keluarga. Mungkin orangtua harus menyingkirkan dan menggeser beberapa barang di rumah supaya anak bisa lebih leluasa bermain. 

Dengan begitu, anak akan merasa betah di rumah dan orangtua bisa melakukan aktivitas lain sambil mengawasi anak atau sembari menerima tamu yang berdatangan bersilaturahim saat momen perayaan Idul Fitri.