5 Hal yang Harus Dilakukan Apabila Terancam PHK

28/05/2020, 10:00 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Mengutip data dari Kompas.com, hingga 12 Mei 2020 Kementerian Ketenagakerjaan melaporkan jumlah tenaga kerja yang dirumahkan maupun terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mencapai 1.722.958 orang.

Ini merupakan salah satu dampak dari pandemi Covid-19 yang jelas membuat masyarakat khawatir. Bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan jika tidak ada pendapatan? Para pekerja pun tidak lepas dari rasa kegelisahan yang sama. 

Tidak hanya karena pandemi yang sedang terjadi, Pemutusan Hubungan kerja atau PHK sejatinya bisa mengancam Anda kapan saja. Untuk itu, Anda perlu menyiasati dengan baik apabila terancam PHK.

Perbaiki kinerja

Jika PHK mengancam karena kinerja dan juga sikap Anda yang belum maksimal, segeralah perbaiki hal tersebut. Atasan tentu akan melihat perkembangan dan perubahan yang Anda lakukan sehingga Anda bisa selamat dari PHK dan mempertahankan posisi Anda bahkan menjadi kesempatan sebagai celah untuk mendapatkan promosi.

Penting diingat bahwa perusahaan tidak akan mempertahankan pegawai yang tidak kompeten dan tidak mau memperbaikinya.

Eksplor kemampuan

Tidak ada salahya mengembangkan kemampuan yang Anda miliki. Cobalah keluar dari zona nyaman dan pelajarilah beragam ilmu yang bisa memperkaya diri Anda. Dengan segudang skill yang Anda miliki, tentu saja Anda bisa berkontribusi lebih besar dalam pekerjaan.

Satu kemampuan penting yang juga perlu Anda miliki ialah kemampuan negosiasi. Dengan kemampuan negosiasi yang baik, Anda mungkin bisa menyelamatkan posisi Anda sekarang ataupun hak yang harus Anda terima jika memang berujung pada PHK.

Update profil LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu wadah yang sangat bisa dimanfaatkan untuk perjalanan karier Anda. Untuk itu, teruslah perbarui profil LinkedIn Anda dengan pengalaman dan keahlian mumpuni yang Anda miliki sehingga jika sewaktu-waktu PHK menghampiri, Anda menjadi lebih siap untuk mencari pekerjaan baru.

Jangan lupa juga untuk memperbarui CV Anda. Salah satu cara efektif yang mungkin bisa diterapkan ialah lakukan pembaruan CV bersama degan profil LinkedIn Anda.

Mengirim lamaran kerja

Jika kabar burung mengenai PHK sudah mulai terdengar, tidak ada salahnya untuk megirim lamaran kerja ke perusahaan baru. Toh, lamaran Anda juga butuh proses untuk direspon perusahaan tersebut. Selain itu, manfaatkan juga koneksi kenalan yang Anda miliki untuk memperoleh informasi mengenai lowongan kerja.

Perhatikan keuangan

Kekhawatiran akan tidak stabilnya keuangan Anda jika PHK menghampiri menjadi hal yang wajar. Maka dari itu, siasatilah keuangan Anda dengan mengalokasikan dana lebih untuk tabungan darurat. Tabungan ini nantinya bisa Anda manfaatkan saat Anda belum memperoleh penghasilan baru pasca di PHK.

PHK bukanlah mimpi buruk berkepanjangan. Anda bisa menjadikannya sebuah pengalaman untuk membentuk Anda menjadi lebih baik dikemudian hari. Bahkan, di tahun 2010, Anna Wintour, chief editor majalah Vogue, dalam sebuah konferensi mengatakan, “Saya sarankan Anda semua dipecat. Ini pengalaman belajar yang luar biasa."