Video Call saat Lebaran, Pilih Aplikasi WhatsApp atau Line?

26/05/2020, 11:44 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Dana Delani

Video call akan menjadi andalan dalam mewarnai Hari Lebaran pada tahun ini. Sebab, larangan mudik yang diterapkan pemerintah Indonesia akan berdampak bagi banyak orang, akibatnya kegiatan silaturahmi dengan sanak saudara pun sukar dilakukan.

Namun, tak usah khawatir karena saat ini kita bisa melakukan silaturahmi virtual kapan saja dan dimana saja. Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, banyak aplikasi atau website yang menyediakan fitur video call, misalnya WhatsApp dan Line.

Seperti diketahui, kedua aplikasi ini merupakan yang terpopuler bagi kalangan warga Indonesia. Lalu, apa saja keunggulan dari kedua aplikasi ini? Simak pembahasannya berikut.

Video call hingga 50 orang di WhatsApp

Pengguna WhatsApp, mulai  Rabu (29/4/2020), sudah bisa menggunakan fitur group video call dengan delapan peserta sekaligus. Sebelumnya, panggilan video di WhatsApp hanya bisa dilakukan maksimal empat orang.

Fitur tersebut hadir melalui pembaruan terbaru untuk perangkat Android dan iOS. Pengguna iOS dapat melakukan pembaruan melalui App Store ke versi 2.20.50. Sementara untuk perangkat Android, pembaruan sudah dapat dilakukan di Playstore.

Namun perlu diingat, supaya panggilan delapan orang ini bisa dilakukan, semua peserta harus sudah memperbarui ke WhatsApp versi terbaru, ya. Jika tidak, panggilan grup dengan delapan peserta tidak akan bisa dilakukan.

Selain itu, WhatsApp juga tengah menguji integrasi panggilan video dengan Facebook lewat Messenger Room pada versi desktop. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Namun, sayangnya panggilan hingga 50 orang ini baru berlaku untuk layanan Whatsaapp Web, yakni via desktop.

Video call hingga 200 orang di Line

Tak mau kalah dengan WhatsApp, Line juga menyediakan fitur video call atau group call dengan total mencapai 200 orang.

Adapun fitur group call di Line ini pertama kali diluncurkan pada Maret 2016 silam. Awalnya, Line hanya menyediakan panggilan suara, tetapi pada Desember 2016 Line sudah melengkapi fitur panggilan video.

Agar kamu dapat menggunakan fitur terbaru ini, kamu harus memastikan versi aplikasi Line yang digunakan, yakni iOS 6.9 atau di atasnya, Line Android 6.9.2 atau di atasnya, dan  Line Desktop (Windows) 5.0.0 atau di atasnya.

Jadi, kamu mau menggunakan WhatsApp atau Line untuk bersilaturahmi virtual?