Jangan Dibuang, Begini Cara Simpan Hidangan Lebaran yang Bersisa

26/05/2020, 13:42 WIB
Bagikan:
Penulis Hotria Mariana | Editor Mikhael Gewati

Hari Raya Idul Fitri telah usai, namun tidak dengan makanan-makanannya. Sebab, saat Lebaran sering kali seseorang memasak berbagai macam makanan dalam jumlah yang banyak.

Belum lagi hantaran dari rekan atau kerabat yang isinya tak jauh-jauh dari makanan.

Terlebih hidangan makan berat, tentu sayang jika dibuang karena perjuangan memasak sajian khas Lebaran tak semudah memasak lauk pauk sehari-hari.

Lalu, bagaimana menyimpan makanan sisa Lebaran supaya tidak cepat basi? Berikut ini tipsnya.

Simpan di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke lemari pendingin

Makanan sisa lebaran idealnya mampu bertahan paling lama empat hari. Sesudah itu, makanan akan rentan terpapar bakteri dan kuman sekalipun di simpan di dalam lemari pendingin. 

Penyimpanan dalam kulkas pun ada aturannya. Perlu diketahui, bakteri tumbuh cepat pada suhu antara 40 sampai 140 derajat Fahrenheit atau sekitar 4 sampai 60 derajat Celsius, dan bisa menggandakan diri hanya dalam waktu 20 menit.

Maka dari itu, United States Department of Agriculture (USDA) menganjurkan untuk mengatur suhu kulkas ke suhu empat derajat Celsius atau lebih rendah, yakni minus 17 derajat Celsius guna melindungi makanan dari pertumbuhan bakteri.  

Namun sebelumnya, pastikan wadah penyimpanannya kedap udara, ya.

Hangatkan terlebih dahulu  

Sebelum disimpan ke dalam kulkas, hangatkan dahulu makanan selama beberapa saat. Setelah dihangatkan, jangan diaduk-aduk lagi karena ini akan membuat makanan jadi cepat basi. Langsung saja tempatkan pada wadah kedap udara.

Tunggu sampai makanan benar-benar dingin atau berada dalam suhu ruang sebelum menyimpannya ke dalam kulkas atau freezer.

Panaskan dengan suhu tinggi saat hendak menyantapnya kembali

Saat ingin menyantap kembali makanan tersebut, setelah dikeluarkan dari kulkas atau freezer, diamkan dahulu beberapa waktu dalam suhu ruang.

Kemudian baru panaskan di atas kompor, oven, atau microwave dengan suhu 74 derajat Celsius.

Suhu yang tinggi akan mematikan bakteri dan kuman, sehingga makanan aman untuk kembali disantap.

Itulah cara menyimpan dan mengolah kembali makanan sisa Lebaran. Selamat mencoba!