Tanpa Amplop, Ini Cara Bagi THR Saat Tak Bisa Mudik

25/05/2020, 11:29 WIB
Bagikan:
Penulis Yakob Arfin Tyas Sasongko | Editor Mikhael Gewati

Lebaran tahun ini terbilang unik. Pasalnya, umat Muslim merayakannya di tengah pandemi Covid-19, sehingga momen sakral ini dilakukan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu bisa mudik serta kumpul keluarga besar di kampung halaman, kini ritual tersebut tak bisa dilakukan agar penyebaran virus corona tak meluas. Shalat Ied pun tak bisa dilakukan di masjid secara berjamaah, melainkan di rumah.

Berbagi tunjangan hari raya (THR) dengan keponakan dan sanak saudara juga jadi terbatas karena tak bisa pulang kampung.

Namun jangan cemas, Anda tetap bisa berbagi THR meski tanpa amplop serta menyerahkannya tanpa perlu memaksakan diri pulang kampung. Berikut cara praktis berbagi THR.

Uang digital

Perkembangan teknologi digital telah memudahkan manusia dalam menjalani berbagai aktivitas, salah satunya dalam berkirim uang.

Seiring berjalannya waktu, kehadiran uang digital perlahan mulai menggantikan uang kertas yang selama ini digunakan.

Nah, dengan hadirnya berbagai platform dompet digital, dapat memudahkan Anda berbagi THR meski tak bisa kumpul dengan sanak saudara di daerah asal.

Anda bisa dengan mudah berkirim uang untuk keponakan secara instan melalui salah satu apikasi platform dompet digital. Nominalnya pun bisa Anda tentukan sendiri tanpa perlu menyiapkan amplop.

Selain efisien, kirim THR dengan uang digital akan memberi kesan unik sekaligus menyenangkan karena saldo dana mereka bertambah secara otomatis.

Pulsa

Selain uang digital, cara lain berbagi THR saat Anda tak bisa mudik adalah lewat berkirim pulsa.

Beragamnya nominal yang operator tawarkan dalam mengisi pulsa, memudahkan Anda untuk menentukan berapa besaran pulsa yang akan Anda kirimkan. Misalnya Rp 20.000, Rp 25.000 ribu, Rp 50.000 ribu, hingga Rp 100.000.

Cara tersebut tentu sangat bermanfaat sehingga saudara-saudara di kampung halaman tetap terkoneksi dengan Anda dan bersilaturahmi melalui sambungan telepon.

Kode voucher makan

Selain uang digital dan pulsa, cara lain yang bisa jadi alternatif pengganti THR tunai adalah berbagi voucher makan.

Cara mendapatkannya mudah. Anda bisa membelinya langsung melalui salah satu platform ojek online yang tersedia di aplikasi. Anda bisa memilih nominalnya, mulai dari Rp 10.000, Rp 25.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

Agar voucher tersebut diterima langsung oleh keponakan atau saudara, Anda bisa memilih opsi pengiriman voucher melalui pesan pribadi. Mudah bukan?

Dengan langkah-langkah tersebut, selalu ada alasan Anda untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan Lebaran di masa pandemi ini.