Mana yang Baik untuk Membersihkan Motor, Sabun Cuci Piring atau Sampo Rambut?

27/05/2020, 08:27 WIB
Bagikan:
Penulis Hotria Mariana | Editor Mikhael Gewati

Motor menjadi pilihan alat transportasi sehari-hari bagi kebanyakan orang. Selain karena harganya lebih terjangkau, perawatan kendaraan roda dua juga terbilang lebih mudah bila dibandingkan dengan mobil.

Misalnya untuk urusan kebersihan. Kendati bisa memanfaatkan jasa tukang cuci motor, namun hal ini masih bisa dikerjakan sendiri oleh pemiliknya di rumah.

Terlebih lagi, saat ini kita tengah berhadapan dengan pandemi virus Covid-19. Keluar rumah untuk urusan yang tidak terlalu urgen ada baiknya dihindari.

Pun, dengan urusan mencuci motor sendiri. Selain berhemat, cara ini menjadi langkah terbaik untuk menghindari risiko penularan virus corona.

Mencuci motor idealnya menggunakan sabun pembersih khusus. Namun, ada kalanya tak semua pemilik kendaraan roda dua memiliki persediaan produk ini di rumah.

Untuk mengakalinya, seringkali para pemilik motor menggunakan produk pembersih lain, seperti sabun pencuci piring dan sampo rambut. Keputusan ini lagi-lagi untuk tujuan menghemat pengeluaran.

Meski begitu, ada hal yang perlu pemilik motor perhatikan jika ingin mencuci kendaraannya dengan produk tersebut.

Menyadur Grid Oto, Senin (20/42020), sabun pencuci piring, baik itu yang berbentuk cair maupun krim lebih cocok untuk membersihkan bagian mesin, velg, kaki-kaki, dan sprocket gear motor.

Itu karena produk tersebut umumnya mengandung bahan cleaning agent bersifat korosif yang mampu merontokkan kotoran, seperti minyak.

Jangan coba-coba mengaplikasikan sabun cuci piring ke bodi motor karena ini hanya akan menyisakan white spot dan membuat lapisan cat cepat rusak. Akibatnya, kendaraan bakal terlihat kusam.

Untuk membersihkan bodi motor, sampo rambut bisa jadi alternatif bila sabun khusus pencuci mobil tidak ada.  

Kendati demikian, perlu diketahui, sampo rambut tidak memiliki teknologi proteksi wax yang mampu melindungi bodi motor dari paparan sinar matahari.

Akibatnya, serupa dengan penggunaan sabun pencuci piring, yaitu daya kilap bodi motor akan menurun karena lapisan pernisnya terkikis.

Oleh sebab itu, seperti di awal, mencuci motor idealnya menggunakan sabun atau sampo pembersih khusus yang sudah jelas peruntukannya.

Tak hanya untuk motor, pertimbangan di atas juga berlaku dalam hal mencuci mobil.