Tak Hanya untuk Kulit, Tisu Basah Juga Bisa Bersihkan Perabotan Rumah

29/05/2020, 10:02 WIB
Bagikan:
Penulis Hotria Mariana | Editor Mikhael Gewati

Ada banyak manfaat dari tisu basah. Selain digunakan untuk menghapus riasan wajah atau mengelap bagian tubuh bayi, benda ini pun bisa membersihkan beberapa perabot rumah tangga dalam keadaan darurat.

Namun perlu diketahui, agar efektif membersihkan kuman pada permukaan perabotan rumah, sebaiknya gunakan tisu basah berbahan antiseptik, seperti alkohol dengan kadar 40 persen, sebagaimana dikutip dari Young Parent, Kamis (30/1/2020).

Lalu, apa saja fungsi lain dari tisu basah?

Membersihkan noda tumpah atau menempel

Ada kalanya Anda tak sengaja menumpahkan sesuatu ke atas karpet. Contoh kopi, teh, kuah atau kuah dari makanan.

Meski ada karpet yang berlabel anti noda, namun tetap saja sekalinya ketumpahan cairan akan meninggalkan bekas di permukaannya.

Untuk membersihkan tumpahan cairan tersebut, tisu basah bisa Anda andalkan. Benda ini bertekstur tebal dibandingkan tisu kertas, sehingga efektif menyerap cairan pada perabotan rumah tangga yang berlapis kain.

Setelah dilap, selanjutnya Anda tinggal melakukan pencegahan lain, yaitu membersihkan sisa noda yang menempel pada karpet.

Itu pun berlaku pada noda yang menempel, seperti pada sofa, permukaan luar lemari es, atau remote.

Menghilangkan aroma lembap di laci

Perabotan rumah tangga berbahan kayu biasanya mudah lembap sehingga mengeluarkan aroma tidak sedap. Laci pada meja, misalnya.

Untuk menyegarkan kembali aroma laci meja kayu, Anda bisa menggunakan tisu basah yang dipotong kotak berukuran kecil, lalu beri beberapa tetes minyak esensial. Letakkan potongan tadi di bagian sudut-sudut laci. Ganti tisu ketika sudah kering.

Membersihkan debu pada perabotan

Helai daun pada tanaman hias seringkali dihinggapi debu. Anda bisa gunakan tisu basah untuk membersihkannya.

Namun, perlu diperhatikan, Anda cukup bersihkan bagian atas daun. Sebab, beberapa kandungan tisu basah bisa menyumbat pori-pori bagian bawah daun.

Tak hanya itu, debu yang juga kerap menempel pada permukaan kerai jendela dan baling-baling kipas angin juga bisa Anda bersihkan dengan tisu basah.

Selain menghilangkan debu dengan cepat, parfum tisu basah juga bisa membuat kipas harum saat dinyalakan.

Namun dengan catatan, membersihkan perabotan dengan tisu basah hanya menjadi solusi sementara. Jika Anda tak punya cukup waktu lebih baik bersihkan dengan sabun.