Drive-In Cinema, Kemungkinan Konsep Bioskop "New Normal"

29/05/2020, 19:26 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Mikhael Gewati

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, beberapa sarana publik tutup sementara, termasuk bioskop. Hal tersebut tentunya menimbulkan kerinduan tersendiri terhadap aktivitas menonton melalui layar lebar.

Sebagai solusi, dilansir dari Kompas.com, beberapa negara antara lain Perancis, Amerika, Jerman, Korea Selatan, Lithunia, Dubai, dan Iran menghadirkan Drive-In Cinema.

Drive-In Cinema atau bioskop mobil adalah cara menonton layar lebar dari dalam mobil, yang dilakukan di lapangan terbuka.

Tren Drive-In Cinema pun pernah terjadi di Indonesia. Pada 1970, Ciputra menggelar Drive-In Cinema di kawasan Pantai Binaria, atau yang kini dikenal sebagai Ancol Jakarta.

Saat ini, tren tersebut sepertinya akan muncul kembali. Pasalnya pada Mei, Ergo and Co, sebuah event organizer dibilangan Jakarta, menyatakan akan menghadirkan Drive-In Cinema sebagai alternatif hiburan di tengah pandemi Covid-19.

Sayangnya, niatan Ergo and Co sukar terwujud dalam waktu dekat. Diberitakan Kompas.com Kamis (14/5/2020), perwakilan Ergo and Co Adam Hadziq, belum bisa memastikan waktu dan lokasi pasti Drive-In Cinema.

Pasalnya, saat ini Ergo ang Co masih menunggu kesepakatan kerja sama dengan vendor, ticketing partner, dan izin pemerintah.

Meski begitu, jika nantinya Drive-In Cinema benar-benar terwujud, alur menontonnya tidak berbeda jauh dengan bioskop pada umumnya.

Pertama, calon penonton harus membeli tiket yang dijual secara daring. Perlu diingat, jumlah maksimal penonton yang diizinkan adalah separuh dari kapasitas penumpang mobil.

Kemudian, calon penonton akan melalui penyemprotan disinfektan dan pengecekan suhu.

Jika sudah, calon penonton dipersilakan menuju lokasi menonton setelah mendapat arahan dari petugas.

Setelah berada di lokasi menonton, masing-masing mobil akan mendapat pinjaman frekuensi radio atau bluetooth speaker.

Kemudian, film pun diputar dan penonton dapat langsung menonton dengan kondisi pendingin mobil dan lampu kabin menyala.

Untuk diketahui, tiket yang perlu dibeli calon penonton terdiri dari tiket mobil dan tiket menonton. Maka dari itu, jika dibandingkan dengan biaya menonton di bioskop biasa, menonton di Drive-In Cinema mungkin akan lebih merogoh kantung.

Jadi, berminat menonton di Drive-In Cinema?