Yunarto Wijaya: Masa Pandemi Bikin Lebih Dekat dengan Anak

30/05/2020, 17:19 WIB
Bagikan:
Penulis Yakob Arfin Tyas Sasongko | Editor Mikhael Gewati

 

Pandemi virus corona jenis baru penyebab Covid-19 telah memengaruhi kehidupan banyak orang.

Masyarakat diminta untuk tetap tinggal dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah selama pandemi ini masih berlangsung. Baik itu bekerja, sekolah, termasuk juga beribadah.

Seluruh anggota keluarga juga didorong untuk melalui situasi tersebut bersama-sama, saling menjaga, dan mendukung satu sama lain.

Dalam kondisi normal, orangtua akan pergi ke kantor untuk bekerja, dan anak-anak berangkat ke sekolah.

Meski kondisi pandemi ini menuntut perubahan pola hidup banyak orang, ternyata menimbulkan efek positif terhadap hubungan anggota keluarga itu sendiri.

Hal itu dialami sebagian besar keluarga, tak terkecuali Pengamat Politik Yunarto Wijaya atau akrab disapa Toto.

Melalui fitur Instagram TV dalam akun @yunartowijaya, ia mengisahkan bagaimana masa pandemi ini berdampak baik terhadap hubungan keluarga, khususnya dengan anak-anak.

Ia mengatakan bahwa siapapun kini merasakan hal yang sama, yakni sama-sama mematuhi himbauan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Meski demikian diakuinya pula adaptasinya bukan persoalan yang mudah.

“Terus terang buat saya yang biasanya jadi pembicara, lalu kerja saya cukup mobile, tidak hanya di satu tempat saja atau di kantor, awal-awal agak terasa tidak mudah sih adaptasinya karena kayak mati gaya,” kata Toto.

Apalagi, dalam situasi penyebaran virus corona di mana jumlah kasus terus bertambah, memaksa putra-putrinya untuk melakukan setiap kegiatan dari rumah.

“Memang enggak mudah juga, anak-anak kan semua libur, mau enggak mau harus mengikuti ritmenya (anak-anak) juga,” ungkapnya.

Asal tahu saja, hingga 29 Mei 2020 data Covid-19 di Indonesia tekonfirmasi penambahan kasus menjadi 25.126. Dari jumlah itu  meninggal 1.520 orang, dan pasien sembuh  terus meningkat jadi 6.492.

Meski demikian, Toto mengungkapkan selama masa pandemi ini, ia menemukan kembali apa yang selama ini hilang ditelan rutinitas.

“Tapi kalau kemudian dijalani, nemu juga sih beberapa hal yang bikin ngerasa, oh selama ini ada yang hilang juga ya, misalnya baca buku,” tuturnya.

Sekarang, lanjut Toto, dirinya kembali bergulat dengan hobi lama yang selama ini terabaikan akibat kesibukannya bekerja.

“Lumayan banyak lumat buku lagi, hobi lama ketika dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari agak sulit dijalanin, saya bisa baca buku lagi,” ujar Toto.

Selain itu, ia pun menyinggung soal waktu bersama keluarga yang semakin berkualitas. Sebab sebelum pandemi ini terjadi, waktu  bersama anak-anak terbatas.

“Lalu dengan anak, terasa juga ada quailty time yang selama ini hilang. Ketika mereka bareng-bareng bersama kami, ternyata enggak seterusnya kok mereka ingin main handphone terus,” jelasnya.

Kumpul bersama buah hati diakuinya selama ini sulit diperoleh, apalagi dengan rutinitas berangkat bekerja pada pagi hari, dan tiba di rumah malam hari.

“Mereka senang juga kok misalnya main tebak-tebakan bersama-sama, main hal-hal yang sifatnya bersentuhan langsun,” ungkapnya.

Dampak positif tersebut kini tak ingin ia lewatkan dan terus dinikmati agar hubungan bersama buah hatinya semakin berkualitas.

“Jadi nikmati saja sambil kita sama-sama berharap masalah virus corona bisa cepat selesai. Dunia, Indonesia, dan kita harus menang melawan corona,” ujar Toto.