Meski Hanya di Rumah, Libur Akhir Pekan Bisa Menyenangkan dengan 3 Aktivitas Ini

30/05/2020, 15:09 WIB
Bagikan:
Penulis Hotria Mariana | Editor Mikhael Gewati

Menikmati waktu senggang, seperti saat akhir pekan sangat penting. Terutama, di masa sulit seperti saat ini.

Pasalnya, selama masa karantina akibat pandemi virus Covid-19, segala kegiatan di lakukan di rumah. Tak lagi ada sekat, antara urusan pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Akibatnya, tak sedikit yang merasa bosan hingga stres. Ingin ke luar rumah tentunya menjadi suatu hal minimbulkan risiko tinggi di tengah pandemi.

Maka dari itu, mumpung akhir pekan, yuk manfaatkan kesempatan melakukan hal menyenangkan berikut ini di rumah.

Karaoke

Tak peduli merdu atau tidak, sebagian besar orang suka bernyanyi. Pasalnya, selain menyenangkan, aktivitas ini mampu mengurangi stres.

Bahkan, menurut penelitian yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information (NCBI), bernyanyi dapat mencegah seseorang dari demensia (penurunan daya ingat dan cara berpikir). Sebab, aktivitas ini melibatkan fungsi otak, organ, dan panca indera.

Memang saat ini pusat karaoke sedang tutup lantaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun, Anda masih bisa melakukannya secara digital lewat aplikasi karaoke yang tersedia di App Store atau Google Store.

Jika ingin mendapatkan suasana seperti sedang karaoke, minimal bernyanyi sambil pegang mikrofon, tak ada salahnya mencoba microphone bluethoot yang banyak dijual di lapak e-commerce.

Perangkat tersebut terbilang unik, karena tak hanya berfungsi sebagai mikrofon, tetapi juga bisa sebagai speaker. Selain itu, tersedia pula pengaturan audio, seperti volume dan noise reduce.

Berendam air hangat 

Jika selama bekerja di rumah Anda merasakan otot-otot dan pundak menjadi tegang, berendam dengan air hangat di rumah atau mandi air hangat mungkin bisa menjadi pilihan.

Namun, perlu diperhatikan, suhu yang disarankan untuk berendam berkisar 33 hingga 37 derajat Celsius. Jangan melebihi batas ini, karena bisa berefek buruk bagi tubuh.

Selain sebagai rileksasi, berendam air hangat juga bisa membakar kalori sama halnya ketika Anda jalan kaki selama 30 menit.

Untuk memberikan efek lebih menenangkan, tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang memiliki aroma terapi, seperti lavenderchamomile, atau geranium

Bercocok tanam atau berkebun

Psikolog klinis dari University of Kansas Health System AS, Dr. Gregory Nawalanic Pys.D. menjelaskan, bagaimana berkebun di rumah positif untuk kesehatan.

"Kegiatan sederhana seperti menyiram, menanam, atau sekadar menyiangi adalah praktik yang sangat meditatif," jelas dia kepada Bustle.

Dilansir oleh Psychology Today, berkebun baik untuk kesehatan mental, mengingat kegiatan ini dilakukan di alam terbuka.

Melihat tumbuhan atau dedaunan hijau terbukti membantu mengurangi kecemasan hingga depresi. Belum lagi dengan hangatnya mentari dan tiupan angin yang membuat tubuh dan pikiran jadi rileks.

Nah, sebagai permulaan, sebaiknya pilih tanaman yang mudah ditanam. Misalnya, sayuran pakcoy, atau tanaman herbal, seperti jahe.

Selamat mencoba!