Jangan Simpan Bahan Makanan Dalam Plastik di Kulkas, Ini Alasannya

31/05/2020, 15:17 WIB
Bagikan:
Penulis Hotria Mariana | Editor Mikhael Gewati

Hampir sebagian besar orang masih menggunakan kantong plastik ketika berbelanja kebutuhan rumah tangga. Beberapa belanjaan di dalamnya pun biasanya dibungkus dengan benda ini.

Saat tiba di rumah, sadar atau tidak, plastik-plastik tersebut ikut masuk ke dalam lemari pendingin.

Rupanya, kebiasaan seperti itu sangatlah berbahaya, baik itu untuk makanan maupun kesehatan manusia.

Disadur Food NDTV, plastik terbuat dari berbagai campuran bahan kimia berbahaya, antara lain bisphenol A dan ftalat. Makanan yang dibungkus dalam plastik, otomatis terpapar keduanya.

Penelitian ilmiah pun telah menemukan efek buruk dari bisphenol A dan ftalat, seperti perubahan jaringan, perubahan hormon, kerusakan genetik. Buruknya, dapat memicu kanker dan masalah kesuburan.

Dampak buruk plastik juga terjadi pada bahan makanan. Meskipun, sering disebut-sebut bahwa kantong penyimpanan plastik zip locked mampu membantu menjaga kesegaran makanan lebih lama karena kedap udara, namun ini tidak benar.

Misalnya, sayuran atau buah-buahan. Kedua makanan ini membutuhkan ruang untuk bernafas. Menyimpannya di dalam plastik justru menghilangkan semua udara, sehingga menyebabkan busuk lebih cepat, sebagaimana dikutip dari The Swags, Selasa (17/4/2018).  

Karena itu, mulailah untuk mengurangi kebiasaan menyimpan makanan dengan kantong plastik di dalam kulkas.

Tempatkan saja langsung bahan makanan, seperti buah atau sayuran pada rak-rak seharusnya tanpa perlu dicuci. Namun, untuk sayuran berbatang, Anda perlu memotong tangkainya terlebih dahulu.

Mencuci sayuran atau buah sebelum di simpan ke dalam kulkas dapat mengurangi kelembapan keduanya. Alhasil, jadi cepat busuk.

Apabila Anda masih ingin menggunakan kemasan, pilih kantong kertas atau kardus yang cepat menyerap lembap dan air.

Sementara itu, untuk daging mentah, umumnya hanya mampu bertahan sekitar tiga hari di freezer. Anda dapat menyimpan daging langsung ke dalam wadah kedap udara.

Sama seperti buah dan sayuran, daging tak perlu dicuci saat hendak disimpan ke dalam kulkas. Jangan lupa beri label tanggal agar Anda tidak lupa.

Selain mengurangi penggunaan plastik, Anda juga wajib memperhatikan kebersihan lemari pendingin.

Saat hendak membersihkan kulkas, Anda harus melakukannya kurang dari dua jam. Pasalnya, makanan yang harus dalam keadaan dingin tidak boleh ada di suhu ruang selama lebih dari 2 jam, sebagaimana saran Food and Drugs Administration (FDA).

Semoga tips di atas bermanfaat, ya!