Tertunda Akibat Pandemi, Ini Tips Agar Anda Bisa Menyelenggarakan Pernikahan Virtual

31/05/2020, 09:24 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Mikhael Gewati

Seluruh masyarakat tengah mempersiapkan diri memasuki masa new normal atau tatanan kenormalan baru.

Hal ini sedianya akan diterapkan pada berbagai aspek, mulai dari persiapan mental hingga gaya hidup masyarakat sehari – hari.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (28/5/2020), Psikolog sosial asal Solo, Hening Widyastuti mengatakan bahwa persiapan mental penting dilakukan untuk memasuki new normal. Hal ini agar dapat mencegah diri dari stres karena beradaptasi dengan gaya hidup baru.

Upaya ini dilakukan untuk mengembalikan tatanan kehidupan masyarakat yang selama ini tertunda karena berbagai kebijakan terkait penanganan Covid-19.

Terkait hal itu, salah satu rencana penting yang tertunda karena adanya Covid-19 adalah wedding atau pernikahan.

Ide mengadakan virtual wedding ini muncul setelah dua bulan sebelumnya, beberapa vendor wedding tidak tidak memiliki job karena pandemi Covid-19.

Salah satu vendor wedding di Yogyakarta bahkan telah menyediakan fasilitas virtual wedding lengkap dengan variasi venue yang diunggulkan untuk dapat digunakan saat prosesi pernikahan secara virtual nantinya.

Dimuat thebudgetsavvybride.com berikut tips yang dapat digunakan oleh calon pengantin untuk menyelenggaran virtual wedding di tengah masa new normal.

1. Menentukan platform

Calon pengantin dapat menentukan platform yang akan digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan virtual.

Salah  satu platform yang dapat digunakan adalah zoom, karena aplikasi ini dapat menampung 100 peserta, dan dapat melakukan siaran atau live streaming hingga 24 jam.

Selain itu, melalui aplikasi zoom, pengguna dapat berinteraksi dengan penonton secara virtual, pengguna dapat saling menyapa meski tidak bertatap muka.

Selanjutnya, Anda bisa memilih satu tamu untuk mengambil screenshot dari reaksi tamu – tamu anda selama upacara untuk dimasukkan dalam album pernikahan.

Tak hanya itu, pembacaan tata upacara masih dapat dilakukan oleh tamu – tamu kehormatan, dan petugasnya juga bisa secara virtual

2. Peralatan atau perlengkapan

Kedua, calon pengantin dapat mengatur perlengkapan atau gawai yang dibutuhkan untuk melakukan siaran langsung saat diadakannya pernikahan virtual,

Calon pengantin dapat menggunakan  laptop, tablet, atau telepon genggam berkamera untuk merekam dan menayangkan jalannya acara.

Jika menggunakan tablet atau telepon genggam, Anda akan membutuhkan tripod untuk menjaga agar perangkat seluler Anda bisa tetap tegak dan pengambilan gambar stabil atau tidak terguncang.

Sebelum melakukan penayangan acara, pastikan untuk menguji coba perangkat seluler Anda di platform yang akan Anda gunakan untuk memastikan kualitasnya.

 3. Gunakan vendor

Calon pengantin perlu berkoordinasi dengan vendor yang terlibat langsung membantu acara pernikahan. 

Akibat pandemi Covid-19, Anda harus membatalkan catering dan hiburan, namun beberapa vendor masih ikut terlibat secara langsung salah satunya fotografer.

Anda masih bisa menerapkan social distancing kepada fotografer yang mengabadikan moment pernikahan.

Terkait hal tersebut, salah satu bagian penting yang perlu anda perhatikan adalah administrasi surat nikah sebagai kontrak yang mengikat pernikahan secara hukum.

4. Informasikan ke tamu

Jangan lupa informasikan tamu Anda mengenai acara yang akan diselenggarakan secara virtual

Beritahu tamu–tamu Anda dengan mengirim undangan virtual agar para tamu Anda mengerti kapan dan dimana mereka bisa bergabung.

Masukkan link pertemuan di Zoom atau platform yang Anda gunakan dengan menyertakan tanggal dan waktunya.

Anda perlu untuk memberi instruksi kepada tamu tentang cara untuk menyalakan video mereka dan meminta mereka untuk mematikan audionya selama upacara.

5. Uji coba

Anda perlu melakukan persiapan pribadi sebelum menyelenggarakan acara. Caranya adalah dengan melakukan uji coba siaran sekali atau dua kali.

Hal ini dilakukan untuk memastikan latar belakang rapi, dan menggunakan sudut yang  tepat untuk merekam, serta semua peralatan bekerja dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu berlatih sebelum acara berlangsung sehingga pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

6. Lakukan dengan bahagia

Setelah lima langkah sebelumnya sudah dilakukan dipastikan berjalan dengan baik, maka Anda dapat melangsungkan pernikahan virtual dengan bahagia. 

Sekarang, Anda dapat mengucapkan janji suci bersama pasangan terkasih Anda di depan tamu anda yang hadir secara virtual.

Namun demikian, jika Anda tetap ingin memberikan souvenir atau tanda hadir kepada para tamu, Anda dapat mengirimkannya ke alamat rumah masing – masing.

Nah, dengan demikian, Anda dapat tetap melangsungkan acara pernikahan dengan cara yang unik dan berbeda di tengah pandemi Covid-19 sekaligus menghadapi era new normal.