Kangen Singapura? Yuk, Wisata Virtual di ArtScience Museum Singapore!

03/06/2020, 15:00 WIB
Bagikan:
Penulis Dea Duta Aulia | Editor Dana Delani

Pandemi Covid-19 memang masih menjadi topik hangat di berbagai negara. Kemajuan teknologi kerap menjadi jawaban bagi seluruh sector industri yang terkena imbas.

Untuk orang kantoran misalnya, kini hanya bermodalkan gadget dan jaringan internet, kita bisa mengikuti berbagai rapat dan event yang diselenggarakan secara digital.

Teknologi juga yang mendukung sektor usaha dan hiburan berlomba-lomba melakukan digitalisasi.

Dikutip dari Kompas.com, salah satu tempat wisata yang tetap aktif secara daring adalah ArtScience Museum Singapura. Pada April 2020 lalu, museum tersebut secara resmi mengumumkan ArtScience at Home yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung dari seluruh dunia untuk menyaksikan karya seni virtual.

“Kami melihat peluncuran ArtScience at Home ini sebagai babak baru yang menarik dalam evolusi ArtScience Museum, dan sebagai ekspresi dari cara kerja yang baru dan berkelanjutan di mana Covid-19 mempengaruhi musem di Singapura dan di seluruh dunia,” kata Executive Director ArtScience Museum, Honor Harger.

Dia menambahkan, berbagai program telah disiapkan untuk dapat beradaptasi dengan masa depan yang tidak pasti.

“ArtScience Museum adalah museum yang selalu membayangkan seperti apa masa depan nanti," kata Harger.

Dia juga berpandangan, lokakarya yang dibuat secara daring dapat memberikan banyak manfaat bagi pencinta seni ataupun seniman.

“Program baru ini memungkinkan kita untuk membayangkan masa depan baru bersama dengan audiens kami yang ada di Singapura dan di seluruh dunia,” tambahnya.

Melalui ArtScience Museum, kamu juga diajak untuk menyaksikan pertunjukan langsung dari rumah para musisi dan artis yang akan tampil pada setiap hari Kamis.

Untuk lebih menghibur para pengunjung, ArtScience Museum juga memasukkan daftar lagu mingguan yang disebut sebagai ArtScience Late Jams. Dimana lagu tersebut menampilkan set DJ, serta memutar lagu yang diproduksi secara lokal oleh para musisi yang menjadi bagian dari program tersebut.

Berikut jadwal setiap program yang akan diselenggarakan.

  • Selasa: Pembicaraan Online: Feeling the Future setiap dua minggu sekali.
  • Kamis: ArtScience Late di Rumah pada Kamis ketiga setiap bulan.
  • Jumat: Tur Pameran Virtual dan Lokakarya Online setiap dua minggu sekali.
  • Minggu: ArtScience Late Jams di Spotify setiap dua minggu sekali.