Bersepeda, Cara Menyenangkan Lawan Covid-19 saat “New Normal”

02/06/2020, 19:02 WIB
Bagikan:
Penulis Anggara Wikan Prasetya | Editor Mikhael Gewati

Bersepeda atau gowes kini menjadi aktivitas yang kian digemari saat pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Salah satu sebabnya karena aktivitas bersepeda cukup fleksibel untuk dilakukan. Berbeda dengan olahraga lain, seperti fitness yang tidak bisa dilakukan di pusat kebugaran karena tengah tutup untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bersepeda bisa dilakukan di jalanan mana saja, asalkan sepeda boleh atau bisa untuk melewatinya.

Selain sebagai sarana berolahraga, bersepeda juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi yang tepat setelah imbauan di rumah saja beberapa bulan lalu.

Jadi dengan bersepeda, seseorang akan mendapat dua manfaat sekaligus, yakni olahraga dan rekreasi.

Dimulai dari olahraga, aktivitas fisik termasuk bersepeda ternyata menjadi salah satu upaya untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dalam melawan pandemi Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (27/4/2020), Ketua Peneliti Universitu of Virginia School of Medicine Zhen Yan, Ph.D memaparkan bersepeda dapat mencegah tingkat keparahan komplikasi Covid-19 yang mematikan, yakni acute respiratory distress syndrome (ARDS).

Sindrom itu ditandai dengan cedera pada jaringan paru-paru, peradangan, dan gagal napas. Kondisi ini dialami 67-85 persen mereka yang dirawat intensif dan 45 persen pasien dengan ARDS terancam meninggal dunia.

Lalu, mengapa bersepeda dapat membantu mencegah ARDS. Itu karena olahraga, termasuk bersepeda akan memicu produksi antioksidan yang disebut extracellular superoxide dismutase (EcSOD).

Saat berolahraga, otot tubuh secara alami menghasilkan EcSOD yang memberi perlindungan dari penyakit pernapasan berat, termasuk yang berhubungan dengan Covid-19.

Meski demikian, bersepeda saat new normal hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Beberapa cara yang bisa di lakukan, antara lain adalah menjaga jarak satu sama lain saat bersepeda bersama teman.

Selain itu, aktivitas yang biasanya menyertai gowes seperti nongkrong dan saling bercengkerama hendaknya dihindari terlebih dahulu.

Hal itu tentunya berat untuk dilakukan, mengingat aktivitas menyenangkan usai bersepeda adalah saling bercanda bersama teman sambil minum minuman hangat.